• 4 May 2024

Peluang Bisnis, Penitipan Burung Kicau Saat Mudik

Jagadtani - Peluang bisnis dari penitipan hewan peliharaan saat mudik Lebaran tidak hanya pada hewan mamalia seperti Kucing maupun Anjing. Membuka usaha penitipan burung kicau pun bisa menghasilkan cuan yang lumayan.

Berbeda dengan kucing maupun anjing yang tergolong mudah dibawa menggunakan mobil pribadi. Tetapi burung kicau tidak dapat dibawa dalam waktu panjang, resiko burung yang kelelahan dapat berujung kematian.

Caranya pun cukup mudah, namun yang pasti harus telaten dan konsisten. Untuk konsisten memang bagian paling penting dalam merawat burung kicau. Maksudnya, jadwal pemberian pakan tambahan berupa extra fooding (EF), pengembunan, pola mandi, penjemuran hingga olahraga atau di umbar harus konsisten.

Peluang Bisnis, Penitipan Burung Kicau Saat Lebaran"Peluang Bisnis, Penitipan Burung Kicau Saat Lebaran"

Sebagai contoh pada rawatan Murai Baru, pengembunan setiap hari, Ekstra Fooding (setiap pagi dan sore diberikan lima ekor), penjemuran satu minggu hanya 30 s/d satu jam, dilanjutkan pengumbaran dengan sesuai target. Untuk waktu mandi, tentu harus disamakan dengan pola yang telah dijalani.

Perawatan ini menyesuaikan dari permintaan sang pemilik burung kicau. Untuk memastikan perawatan telah sesuai, Sahabat Tani dapat bertanya langsung pada pemilik melalui video call. 

Sedangkan untuk tempat, Sahabat Tani dapat memasangkan gantungan di teras rumah. Suara kicau burung dapat menenangkan hati dan pikiran. Seandainya, Jika, Sahabat Tani tidak memiliki tempat untuk menggantung burung mungkin dapat dibicarakan agar burung tetap dirumahnya saja.

Peluang Bisnis, Penitipan Burung Kicau Saat Lebaran"Peluang Bisnis, Penitipan Burung Kicau Saat Lebaran"

Sedangkan untuk biaya penitipan burung selama nudik, semua dapat dibicarakan demi antara Sahabat Tani dan pemilik burung. Begitu pula dengan pengeluaran jatah pakan harian poer, kroto, jangkrik, Ulet hongkong, pisang dan lainnya.

Standar biaya penitipan berkisara antara dua ratus ribu hingga lima ratus ribu per satu ekor burung kicau selama satu minggu. Tetapi juga ada yang melayani penitipan sistem satu paket (burung kicau dan burung masteran) selama mudik lebaran.

Ingat, Sahabat Tani harus menjaga dengan baik burung kicau tersebut. Pastikan selalu kebersihan sangkar (karpet, tangkringan, air minum hingga kandang) demi kesehatan, dan juga pintu kandang yang lupa ditutup sehingga kerap menjadi persoalan utama burung kicau kabur. 

Bagaimana, Sahabat Tani Tertarik?

 

Related News