• 5 May 2024

4 Jenis Ikan Penurun Kolesterol Pasca Lebaran

uploads/news/2023/04/4-ikan-penurun-kolesterol-626407882ced4d7.jpg

Jagadtani - Hidangan ketika lebaran memang sarat dengan kadar kolesterol jahat (LDL-Low Density Lipoprotein). Penyebab dari tingginya kolesterol jahat dipicu oleh asupan daging sapi, telur, jeroan, udang dan lainnya. Namun ada empat jenis ikan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat setelah hari raya lebaran.

Namun sebelum mengetahui empat jenis ikan yang dapat meredam kolesterol, Sahabat Tani harus mengetahui bahwa kolesterol terbagi dua, yakni Kolesterol baik (HDL-High Density Lipoprotein) yang berfungsi untuk mencegah terjadinya ateroma atau penyempitan pembuluh darah akibat lemak. Sementara kolesterol jahat (LDL-Low Density Lipoprotein) yang salah satu penyebab utama pembentukan ateroma. Selain kolesterol baik dan jahat, ada lemak dalam bentuk lain dalam darah yang disebut trigliserida.

Untuk empat jenis ikan yang dapat mengusir kolesterol jahat, yaitu ikan salmon, ikan makarel, ikan tuna dan ikan sarden. 

Alasan dari empat jenis ikan laut yang dapat menyingkirkan kolesterol jahat (LDL-Low Density Lipoprotein) adalah kandungan Asam Lemak Tak Jenuh. Dalam kandungan Asam Lemak Tak Jenuh Omega-3, terdapat unsur yang dapat meningkatkan Kolesterol baik (HDL-High Density Lipoprotein) sehingga berkhasiat dalam mengusir (LDL-Low Density Lipoprotein).

Seperti yang dilansir dari laman siloamhospitals, Omega-3 selain dapat mengusir kolesterol jahat, juga dapat meningkatkan kadar kalsium dalam tulang untuk menurunkan risiko osteoporosis. Lebih dari itu, rupanya omega-3 dapat meredakan keluhan pada penderita radang sendi atau arthritis. Dan Sahabat Tani dapat mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung Omega-3 setiap hari 

Namun Sahabat Tani harus perhatikan ketika akan mengolah empat jenis ikan pengusir (LDL-Low Density Lipoprotein). Ikan akan lebih baik diolah melalui cara di kukus atau di rebut. Hindari penggunaan minyak goreng, walau tetap bisa dalam jumlah terbatas dalam penggunaannya. 

Related News