• 29 April 2024

Mengenal Segudang Manfaat Buah Plum

Jagadtani - Buah plum memang belum setenar amggur hingga buah kiwi. Padahal secara kandungannya terdapat berbagai nutrisi besar, termasuk protein, mineral, dan zat besi. Nutrisi yang sangat dibutuhkan bagi kesehatan dan kulit maupun kecantikan rambut.

Buah plum sendiri pertama kali ditemukan ribuan tahun laku di Cina yang kemudian diperkenalkan di Jepang. Dilansir dari katadata, buah berbentuk bulat mulai dibudidaya di Eropa dan Amerika yang kini terdapat 2.000 varietas dan tersebar di seluruh dunia.

Buah plum"Buah plum"
 
Selain terdapat berbagai nutrisi, protein, buah plum juga mengandung vitamin A, C dan serat makanan sehingga kaya antioksidan. Tak hanya itu, plum juga mengandung niacin, karbohidrat, dan asam pantotenat yang memiliki keajaiban untuk tubuh.

Dari berbagai kandungan yang terdapat pada buah plum, tentu memberikan beragam manfaat bagi tubuh. Berikut manfaat buah plum:

Menjaga kesehatan otak, melalui kandungan nutrisi antioksidan, anthocyanin, dan quercetin. Nutrisi tersebut dapat membantu kesehatan otak dan mampu memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer seiring dengan usia.

Buah plum "Buah plum "
 
Mengatur tekanan darah, kandungan nutrisi berupa kalium dapat mengatur tekanan darah dengan membantu tubuh membuang natrium saat buang air kecil dan juga mengurangi ketegangan pada dinding pembuluh darah. Sehingga buah plum dapat mengurangi risiko stroke dan menurunkan penyakit kardiovaskular.

Meningkatkan kesehatan tulang, antioksidan yang terdapat pada buah plum dapat mengurangi risiko penyakit osteoporosis dan osteopenia akibat dari penurunan kepadatan tulang.

Memgatasi Sembelit, Buah plum mengandung gula alkohol yang bisa menjadi obat pencahar alami. Dan serat yang terdapat pada buah plum juga dapat mencegah sembelit dan mempercepat laju kotoran melalui saluran pencernaan.

Mengatasi kerontokan rambut, buah plum dapat mengurangi  produksi hormon kortisol sebagai penyebab rambut rontok. Dengan berkurangnya hormon tersebut, maka dapat memaksimalkan sirkulasi darah di kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

 

Related News