• 12 May 2024

Perluas Lahan Budidaya Durian Parimo

Jagadtadi - Gairah petani untuk membudidayakan Durian Montong lokal Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah terus meningkat.

Bahkan, lahan budidaya durian dengan berbagai varietas unggulan di Parimo, telah mencapai 2.104 hektar.

Untuk itu, peerintah di daerah tersebut dalam waktu dekat akan memprogramkan 2 hektar lahan di setiap desa untuk budidaya durian.

"Di Parigi Moutong ada 278 desa, jika masing-masing desa disediakan 2 hektar, akan ada 556 hektar lahan perkebunan durian baru di Parigi Moutong," ungkap Sekda Parimo, Zulfinasran.

Pemda Parimo sendiri telah membentuk rancangan kerja bersama BUMDes dan juga mengikutsertakan masyarakat petani dalam pengelolaannya.

"Skema kerjanya nantinya bisa ke BUMDes, kemudian masyarakat yang kerjakan, pemda menyediakan bibitnya, dan akan ada dibuatkan MoU bagi investor yang ingin membeli hasil buahnya," ujarnya.

Dalam waktu dekat, tepatnya pada bulan Mei 2023 ini, Pemda Parimo akan menggelar Fesyival Durian Internasional.

Sesuai Jadwal, kegiatan itu dilaksanakan di pada tanggal 19-21 Mei 2023 mendatang. Namun Pemda Parimo memutuskan untuk menunda pelaksanaan.

Ketua Panitia, Noor Wachida Prihartini S Tombolotutu, mengatakan bahwa gelaran Festival Durian Internasional di Parimo akan dirangkaikan dengan berbagai kegiatan.

"Salah satunya pencanangan Kabupaten Parimo sebagai Kabupaten Durian," pungkasnya.

Related News