• 9 May 2024

Pohon Kurma Tumbuh dan Berbuah di Sigi Sulteng

Jagadtani - Siapa sangka pohon kurma yang identik sebagai jenis tanaman dari Timur Tengah ini tumbuh di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Belum lama ini, masyarakat Sigi dan sekitarnya, termasuk Kota Palu dan Parigi Moutong, diramaikan oleh seorang Desa Oloboju, Kecamatan Sigi Biromaru bernama Kamilin.

Pohon tersebut tumbuh bahkan berbuah di halaman rumah Kamilin.Menurut Kamilin, buah kurma itu sebenarnya belum cocok untuk dikonsumsi karena rasanya yang sepet, pakat, dan manis. Manisnya 50 persen, sepetnya 25 persen dan pakatnya 25 persen.

Pohon Kurma Tumbuh dan Berbuah di Sigi SultengPohon Kurma milik Kamilin tumbuh dan Berbuah di Sigi Sulteng"

"Jadi kalau dikonsumsi untuk buah belum bisa. Banyak orang yang kemari itu untuk minta di bikin promil, program hamil. Saya ambilkan mudah-mudahan berkah," ujar Kamilin.

Bagi Kamilin, pohon tersebut dianggap sebagai rezeki karena saat ini rumah mereka ramai didatangi orang. Ia juga bersyukur banyak orang yang berkunjung ke rumahnya.

"yang tadinya gak kenal, sekarang bisa tau. Ya, Alhamdulillah aja, semua mungkin rejeki," ujarnya.

Sejak tiga hari sebelumnya, rumahnya memang ramai didatangi warga untuk melihat pohon tersebut. Ada yang mendokumentasikan, foto bersama juga berswafoto dengan pohon kurmanya.

Pohon Kurma Tumbuh dan Berbuah di Sigi Sulteng"Pohon Kurma Tumbuh dan Berbuah di Sigi Sulteng"

Bahkan, bukan hanya warga Sigi, tapi dari luar Kabupaten Sigi pun ada yang datang berkunjung untuk berwisata di bawah pohon kurma miliknya.

Pohon kurma itu memang sengaja ditanam oleh Kamilin pada 2006 silam. Ia menggunakan media polybac dari biji buah kurma yang dikonsumsi tanpa meberikan perawatan khusus.

Setelah tumbuh, tiga tahun kemudian ia memindahkan bibit pohon kurma tersebut ke tanah pada tahun 2009 lalu. "Sebelas tahun tumbuh sudah, saya tidak sangka pohon itu berbuah," ujarnya.

"Awalnya tidak saya rawat artinya cuma saya tanam begitu aja. Karena di sini daerah gersang, daerah kering, gak ada air maka gak mikir kalau mau berbuah. Agustus 2020 muncul buahnya sampai menguning," tambahnya.

Untuk diketahui, pohon kurma adalah pohon yang harus ditanam di daerah yang kering dan panas. Tidak hanya itu, tanah yang ditanami pohon kurma juga harus mengandung pasir agar bisa tumbuh subur.

Pohon Kurma Tumbuh dan Berbuah di Sigi Sulteng"Pohon Kurma Tumbuh dan Berbuah di Sigi Sulteng"

Itulah sebabnya, pohon kurma banyak ditemukan di kawasan Afrika dan Timur Tengah, seperti Arab Saudi, Mesir dan Irak.

Related News