• 12 May 2024

Festival Durian Parimo, Langkah Tembus Pasar Global

uploads/news/2023/05/-festival-durian-parimo-langkah-66444fade9994b9.jpeg

Jagadtani - Kementerian Sekretaris Negara RI, mendorong durian lokal Parigi Moutong (Parimo) tembus pasar global.

Hal itu disampaikan Deputi III Bidang Ekonomi Kepala Staf Kepresidenan, Edy Priyono saat menerima audiensi Pemda Parimo dalam rangka pemaparan persiapan Festival Durian Internasional tahun 2023 beberapa waktu lalu.

Edy Priyono mengatakan, momentum festival durian yang akan digelar dalam waktu dekat itu, dapat menjadi sarana promosi durian lokal agar dapat lebih dikenal hingga ke luar negeri.

Ia pun menyarankan Pemda Parimo untuk benar-benar membranding dan mengemas durian lokalnya lebih menarik untuk dipasarkan.

"Ada banyak strategi yang perlu dilakukan, selain kemasan, yang penting dilakukan ialah strategi agar hasil produksi meningkat dan kualitas rasa terjaga," ucapnya.

Bukan itu saja, menurutnya untuk meningkatkan produksi, Pemda Parimo harus memfasilitasi kelompok-kelompok petani durian.

Selain itu juga diperlukan upaya yang berkaitan dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) petani terkait budidaya buah durian.

"Terkait pemasarannya, yang tentunya harus berbanding dengan hasil produksi. Untuk itu pengelolaannya harus dilakukan secara berkelompok," terangnya.

Kelembagaan, kata dia, harus dikembangkan. Baik itu melalui Koperasi atau berbentuk PT. "Silahkan saja, tapi intinya harus berkelompok, ini lebih bagus kalau di Parigi Moutong mulai dirintis. Dengan berkelompok, posisi tawarnya akan jauh lebih besar," pungkasnya.

Related News