• 19 April 2024

PEVS 2023, Barometer Pertumbuhan Kendaraan Listrik

uploads/news/2023/05/pevs-2023-barometer-pertumbuhan-167033c5ee34058.jpg

Jagadtani - PEVS 2023 telah resmi dibuka secara dan dihadiri Moeldoko - ketua umum Periklindo di Jakarta International Expo, Kemayoran (17/5).

Dalam pembukaan pameran kendaraan EV,  Moeldoko menyampaikan keseriusan PERIKLINDO dalam mendorong pertumbuhan industri otomotif kendaraan listrik di Indonesia.

"Dalam upaya menjadikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan EV global, Indonesia memainkan peran kunci berkat sumber daya yang melimpah. Kolaborasi antara Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand dalam pengembangan baterai listrik menunjukkan betapa Indonesia memiliki pengaruh yang signifikan dalam kemajuan mobil listrik di kawasan ini.”

“Sebagai bentuk pengakuan terhadap kontribusi PERIKLINDO, kami mendapat kehormatan menjadi bagian dari langkah ini. PERIKLINDO akan menjadi mitra yang berperan penting dalam pengembangan EV di tingkat Asia, jika inisiatif ini terwujud.

Kami berkomitmen untuk memastikan keberhasilan transformasi ini, demi mewujudkan visi KTT ASEAN yang lebih hijau dan inovatif. PEVS 2023 merupakan wujud nyata dari kolaborasi antara industri dan pemerintah dalam mendorong penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.

Kami percaya bahwa kendaraan listrik akan memainkan peran penting dalam mencapai tujuan keberlanjutan dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif," kata Moeldoko, Ketua Umum PERIKLINDO.

Menanggapi hal ini, Direktur Dyandra Promosindo, Addy Damarwulan Gunadi mengungkapkan kegembiraannya atas pelaksanaan PEVS 2023.

"Kami berkomitmen untuk menjadikan PEVS sebagai pameran yang mencerminkan konsistensi industri otomotif kendaraan listrik serta memberikan informasi yang bermanfaat kepada masyarakat tentang implementasi berbagai upaya untuk mempercepat penggunaan kendaraan listrik. Kami berharap melalui acara ini, masyarakat Indonesia akan semakin mengenal dan memahami potensi kendaraan listrik sebagai salah satu solusi untuk mengurangi emisi karbon dan menjaga lingkungan.”

PEVS 2023 diikuti oleh 81 peserta yang terdiri dari kategori roda empat, roda dua, industri pendukung kendaraan listrik, sponsor, FnB serta supporting partners.

Dari sisi kepesertaan merek otomotif, beragam brand roda empat terdiri dari BMW, DFSK, Hyundai, KEVCBU, MAB, MG, Prestige, Seres serta Wuling. Pada kategori brand roda dua yaitu Benelli-Keeway, Davigo, BUMN yang menampilkan Gesits, Greentech, Kymco Ionex, Rakata, Saige, Selis, Smart by, Smoot dan Volta.

Sedangkan untuk kategori industri pendukung turut diramaikan oleh ABC Lithium, Advance, Birubatt,FAST, Gotion High-Tech, Gramedia, Honda Power Products Indonesia, Jakarta E-Prix, London Taxi, Motoriz, Musashi, Proteksindo, PMB Toys, SSK, Tanva, Tianneng, Venom, Voltron, Von Dutch, Wallbox dan Wanhoo.

Sebagai informasi, Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (PERIKLINDO) sepakat bergabung dengan Asosiasi Industri Kendaraan Listrik Asia (Asian Federation of Electric Vehicle Association/AFEVA) dengan harapan dapat mengantarkan Indonesia terdepan sebagai produsen kendaraan listrik di Asia.

PERIKLINDO bersama AFEVA berkomitmen akan mendorong industri kendaraan listrik di region Asia Tenggara. Langkah awal yang dilakukan yaitu melalui sinergitas dengan menghadirkan tokoh terkemuka yaitu Ketua Umum PERIKLINDO serta anggota AFEVA yaitu Dato Dennis Chuah, Presiden Asosiasi Kendaraan Listrik Malaysia, dan Rommel Juan, Presiden Asosiasi Kendaraan Listrik Filipina (EVAP) di PEVS 2023. Ketiga tokoh tersebut membahas gebrakan ASEAN dan Indonesia sebagai poros perkembangan kendaraan listrik di kawasan ini.

 

Related News