• 28 March 2024

Resep Bikin Sapi Kurban Cepat Gemuk

"Berat sapi kurban menjadi patokan dalam meningkatkan harga jual, banyak langkah yang dilakukan peternak sapi demi mendapatkan berat ideal."

Jagatani - Hari Raya Idul Adha hanya tinggal hitungan hari, tentu Sahabat Tani ingin meningkatkan berat sapi kurban agar mendapatkan daging yang banyak. 

Setiap peternak sapi tentu memiliki resep andalan dalam pemberian pakan demi mengejar bobot maksimal dari sapi, seperti yang disampaikan Erik perwakilan Poktan Mutiara Farm 1 Bekasi.

Pakan sapi kurban "Pakan sapi kurban "

Saat ditemui tim Jagadtani, Erik mengatakan bahwa jenis pakan menjadi kunci utama dalam keberhasilan menggemukan sapi.

"Saya lebih mengandalkan pemberian pakan tambahan berupa ampas jagung dibandingkan ampas tahu. Menurut saya, kandungan ampas jagung lebih banyak serat dan protein. Berbeda dengan ampas tahu yang lebih jadi ke cairan saja."

Secara kandungan limbah atau ampas jagung terdiri dari BK 30,8% Abu 12,6% lemak kasar 0,2% serat kasar
33,4% protein kasar 4,5% BETN 66,4% TDN 53,2%. Namun pemberian limbah jagung sebanyak 67% belum mampu mencukupi kebutuhan hidup pokok ternak.

Sehingga menurut Erik, pemberian ampas jagung harus diimbangi dengan pakan konsentrat agar kebutuhan sapi kurban terpenuhi.

Resep pakan sapi kurban"Resep pakan sapi kurban"

Selain itu, pemberian jerami juga dapat memenuhi kebutuhan asupan pakan sapi kurban. Namun untuk pemberian jerami pada hewan ternak, sebaiknya menambahkan bahan amonia agar ikatan lignin selulosa ( dinding sel tumbuhan) pecah menjadi karbohidrat sederhana sehingga mudah dicerna oleh ternak sapi

Dan selain berbagai resep pakan untuk menggemukan sapi, waktu pemberian juga harus di perhatikan oleh Sahabat Tani. Dan tidak ada salahnya memberikan molase agar kesehatan dan juga nafsu makan sapi kurban makin meningkat 

 

Related News