• 29 March 2024

Musim Haji, Dombi Masih Minim Peminat

"Keberangkatan Haji 2023 akan terbagi dalam dua kloter dengan waktu keberangkatan kloter perdana pada 24 Mei lalu dan dilanjutkan tanggal 7 Juni nanti. Namun kebutuhan hewan kurban, khususnya domba dan kambing (dombi) masih belum banyak."

Jagadtani - Berdasarkan hasil survey tim Jagad Tani di sekitar Jabodetabek, permintaan hewan kurban domba maupun kambing masih belum banyak. Berbeda dengan permintaan sapi kurban, padahal Idul Adha tinggal beberapa pekan lagi. 

Harga kambing domba kurban"Harga kambing domba kurban"

Bagi para peternak maupun penjual hewan kurban, keadaan ini masih tergolong aman karena berbeda dengan sapi kurban yang lebih menggunakan sistem booking atau melakukan pembayaran uang muka (Dp).

"Pembelian kambing dan domba untuk kurban, biasanya memang beberapa hari menjelang Idul Adha. Jadi untuk saat ini masih belum banyak yang melakukan pemesanan. Berbeda dengan sapi, biasa ada harga spesial untuk pembelian pada satu bulan sebelum waktunya kurban." Ungkap Marno - pedagang hewan kurban musiman.

Hal ini membuat beberapa lapak hewan kurban belum menyediakan kambing dan domba. Selain itu, banyak pedagang yang tidak berani berspekulasi untuk perawatan dalam kurun waktu panjang atau lebih dari satu bulan.

Hal lain yang menjadi konsentrasi, pengiriman sapi kurban biasanya dari luar Jabodetabek (Jawa Tengah, Jawa Timur, Madura, Bali hingga NTB maupun NTT). Tentunya pengiriman ini membutuhkan waktu dan harus ada perawatan khusus agar sapi tidak stres dan bisa gemuk.

Marno yang berasal dari Jawa Tengah ini berharap, penjualan hewan kurban termasuk kambing dan domba pada tahun ini dapat lebih baik dibanding tahun lalu. "Tahun ini sudah bebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK), semoga tidak ada hambatan untuk pengiriman.'

Update harga kurban 2023"Update harga kurban 2023"

Untuk harga kambing dan domba masih belum banyak perubahan. Harga kambing kurban dengan berat 20 - 25 kilogram mulai dari Rp1,5 juta hingga Rp1,9 juta. Sedangkan harga kambing super atau premium dengan bobot badan lebih dari 30 kilogram dibanderol mulai dari Rp3 juta.

Sedangkan harga domba tidak terlalu berbeda jauh dengan harga kambing. 

Related News