• 25 April 2024

Harga Kambing Kurban Terbaru 2023

"Harga kambing dan domba pada tahun ini tergolong normal tetapi mungkin ada kenaikan sedikit menjelang lebaran nantinya. Tidak banyak tetapi hal ini lumrah terjadi."

Jagadtani - Hari Raya Idul Adha hanya tinggal hitungan hari, tentu waktunya Sahabat Tani untuk mulai memilih hewan kurban agar tidak didahului dalam memilih. Terlebih, saat ini harga kambing kurban maupun domba dipastikan lebih murah dibanding menjelang lebaran.

Untuk harga kambing kurban pada tahun ini, mulai dari Rp1,4 juta hingga di atas Rp4 juta. Harga tersebut menyesuaikan berat dari kambing maupun domba sebagai hewan kurban.

Harga Kambing Kurban Terbaru 2023"Harga Kambing Kurban Terbaru 2023"

"Seperti yang biasa terjadi, harga hewan kurban akan mulai naik menjelang lebaran. Hal membuat ada yang telah membeli atau memesan agar mendapatkan harga normal. Biasanya kambing maupun domba dititip hingga akan disembelih." ungkap Rahmat sebagai pedagang hewan kurban musiman di daerah Cileungsi.

Rahmat mengakui, penjualan kambing memang belum banyak, namun dirinya yakin bahwa nanti akan mulai ramai menjelang Hari Raya Idul Adha.

Harga kambing kurban mulai dari ukuran berat 18 kilogram dibanderol Rp1,4 juta, sedangkan kambing seberat 20 - 22 kilogram berkisar Rp1,6 juta - Rp2,1 juta. 

Kambing kurban mulai dari bobot 25 - 30 kilogram senilai Rp2,6 juta - Rp3 juta. Sementara untuk kambing dengan berat di atas 30 kilogram dapat menembus angka lebih dari Rp3 juta hingga empat juta rupiah.

Bahkan kambing super yang bobotnya hampir mencapai 40 kilogram senilai lebih dari empat juta rupiah 

Sedangkan harga domba kurban, tidak mengalami banyak perbedaan dengan kambing kurban.

Harga Kambing Kurban Terbaru 2023"Harga Kambing Kurban Terbaru 2023"

Untuk kambing maupun domba kurban yang disediakan Rahmat dan rekannya, merupakan hewan kurban dari peternakan sekitar Jawa Barat dan Lampung. 

Namun sebelum membeli kambing kurban, Sahabat Tani harus memastikan bahwa hewan tersebut telah memenuhi persyaratan sebagai hewan kurban. Salah satunya adalah Kambing Jantan, berusia lebih satu tahun dan dalam keadaan sehat.

Jadi, Sahabat Tani pilih kambing atau domba sebagai hewan kurban?

 

Related News