• 21 September 2024

Banting Harga, Sapi Kurban Mulai Rp15 Jutaan

"Sebenarnya bukan perang harga, tapi memang tergantung dari berat sapi kurban. Biasanya sapi yang harga Rp15 jutaan merupakan sapi Bali atau sapi Kupang yang ukurannya lebih kecil atau berat di bawah 200 kilogram."

Jagadtani - Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 29 Juni 2023, hanya tinggal hitungan hari saja. Penawaran harga sapi kurban yang ditawarkan para penjual mulai dari Rp15 jutaan. Tentunya menjadi pilihan bagi yang ingin berkurban.

Bagi penjual sapi kurban musiman, sebenarnya harga tersebut bukan karena persaingan. Tetapi memang disesuaikan dengan berat sapi kurban yang ditawarkan.

Harga Sapi Kurban Mulai Rp15 Jutaan"Harga Sapi Kurban Mulai Rp15 Jutaan"

Hal tersebut seperti yang diungkapkan Agus, seorang pedagang sapi kurban musiman yang berasal dari Jawa Timur ini. Harga sapi kurban sangat tergantung dengan berat yang ditawarkan oleh para penjual sapi kurban. 

"Harga sapi kurban yang ditawarkan, sebenarnya bukan banting harga atau perang harga antara penjual. Tetapi memang tergantung dari berat sapi kurban. Biasanya sapi yang harga Rp15 jutaan merupakan sapi Bali atau sapi Kupang yang ukurannya lebih kecil atau berat di bawah 200 kilogram."

Agus yang berjualan di Pesona Laut daerah Cipendawa - Bekasi menyediakan berbagai jenis sapi, seperti sapi Bali, Madura, Kupang, limosin dan PO. Namun khusus dilapaknya, Agus mengaku tidak menyediakan sapi seharga Rp15 jutaan. "Harga sapi kurban yang tersedia di sini mulai dari Rp20 jutaan, harga tersebut untuk sapi dengan berat di atas 300 kilogram."

Dari hasil kunjungan tim Jagadtani, lapak milik Agus terdapat sapi kurban lebih dari 90 ekor. Semenjak kedatangannya sekitar dua minggu lalu, sapi yang ada dilapaknya telah terjual hampir lebih dari empat puluh persennya. 

Harga api Kurban 2023"Harga api Kurban 2023"

"Alhamdulillah peminat sapi kurban mulai naik, mereka (pembeli) sengaja membeli sejak awal agar dapat pilihan yang dianggap lebih bagus. Rata - rata sapi yang telah dibeli dititipkan untuk perawatan hingga menjelang lebaran." Lanjutnya.

Seperti halnya dengan penjual hewan kurban lainnya, lapak milik Agus juga memberikan jaminan kesehatan hingga waktu pengiriman dan juga gratis biaya pengiriman untuk sekitar daerah Bekasi. "Untuk waktu pengiriman, saya menyesuaikan permintaan dari pembeli." Pungkasnya.

Related News