• 29 April 2024

Pasar Sapi Jonggol, Transaksi Tembus Ratusan Juta

Jagadtani - Pasar Hewan yang berlokasi di Jonggol menjadi pusat jual beli terbesar di Jawa Barat. Berbagai jenis sapi hingga kambing maupun domba tersedia di pasar yang telah berdiri sejak 1969. Transaksi penjualan pun mencapai ratusan juta rupiah.

Pasar Sapi Jonggol, Transaksi Tembus Ratusan Juta"Pasar Sapi Jonggol, Transaksi Tembus Ratusan Juta"

Dari hasil pantauan tim Jagad Tani pada Kamis (22/06), hewan ternak yang tersedia di pasar hewan Jonggol mencapai ribuan ekor. Penjual pun datang dari berbagai lokasi di daerah Jawa dan Sumatera. 

Salah satu penjual yang membawa sapi dari daerah Palembang adalah Yoyok Utomo. Pedagang yang sebenarnya berasal dari Purwakarta - Jawa Barat, sengaja membawa sapi dari Palembang dengan menggunakan dua kendaraan.

Pasar hewan Jonggol - Bogor"Pasar hewan Jonggol - Bogor"

"Untuk hari ini saya membawa sapi sebanyak 39 ekor menggunakan dua kendaraan selama 14 jam perjalanan. Sapi yang saya bawa jenis PO, Simental Pegon dan Limosin. Jika seluruh sapi tidak terjual, maka akan saya bawa ke kandang sendiri di Purwakarta. Kandang sapi milik saya dapat menampung sekitar 300 ekor." Ungkapnya.

Pasar Sapi Jonggol, Transaksi Tembus Ratusan Juta"Pasar Sapi Jonggol, Transaksi Tembus Ratusan Juta"

Selain sapi, di pasar hewan Jonggol juga tersedia kebo, kambing maupun domba. Transaksi penjualan memang cukup tinggi pada saat ini, diperkirakan karena menjelang hari raya iduladha. 

Walau sebenarnya, transaksi dipastikan terjadi pada setiap hari senin dan kamis karena pasar hewan Jonggol hanya buka selama dua hari setiap minggu nya. 

Pasar Sapi Jonggol, Transaksi Tembus Ratusan Juta"Pasar Sapi Jonggol, Transaksi Tembus Ratusan Juta"

Sementara untuk pembeli tidak hanya dari sekitar Jonggol, tetapi berasal dari Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten hingga Lampung. Sebagian pembeli juga mengatakan membeli di pasar hewan Jonggol lebih murah. Tentunya masih untung, apabila akan dijual kembali.

Related News