• 29 April 2024

Beli Sapi Kurban Pasar Hewan Jonggol, Perhatikan Ini!

Jagadtani - Kebutuhan hewan kurban menjelang hari raya iduladha, telah dipastikan aman oleh Kementerian Pertanian. Tentunya para Shohibul kurban berusaha mendapatkan hewan kurban seperti sapi, kerbau, kambing maupun domba dengan bobot dan kualitas terbaik. Jika ingin mencari sendiri, tak salah untuk datang langsung ke pasar hewan di daerah Jonggol - Bogor.

Seperti yang telah diberitakan tim Jagad Tani, berbagai jenis sapi, kerbau, kambing dan domba dipastikan tersedia. Untuk urusan harga dapat menyesuaikan dana yang tersedia dalam membeli hewan kurban.

Beli Sapi Kurban Pasar Hewan Jonggol, Perhatikan Ini!"Beli Sapi Kurban Pasar Hewan Jonggol, Perhatikan Ini!"

Untuk rentang harga sangat bervariasi dan dipastikan lebih murah dibandingkan harga yang ditawarkan oleh pedagang musiman. 

Harga sapi di pasar hewan Jonggol, dimulai dari belasan juta rupiah. Tentu harga yang ditawarkan menyesuaikan jenis dan bobot sapi. "Harga sapi di sini pasti lebih murah, saya selalu memenuhi kebutuhan sapi kurban dari pasar hewan Jonggol. Pastinya lebih untung untuk diri sendiri atau dijual lagi." Ungkap Bambang yang berasal dari Bekasi ini.

Dengan harga yang ditawarkan memang lebih murah, namun untuk mereka yang membeli langsung harus memperhatikan biaya pengiriman dan tentunya perawatan hingga akan disembelih. 

Mungkin pembeli telah menyiapkan atau menggunakan jasa pengiriman dalam membawa sapi. 

Transportasi Sapi Kurban Pasar Hewan Jonggol"Transportasi Sapi Kurban Pasar Hewan Jonggol"

Selanjutnya lokasi untuk merawat selama hewan kurban belum dikurbankan juga faktor yang harus dipersiapkan. Jadi paling tidak ada lahan dan orang yang dapat menyiapkan dan sekaligus memberikan pakan pada sapi tersebut. 

Hal ini mengingat, biasa pedagang musiman akan menjaga hewan kurban hingga menjelang pelaksanaan kurban. Pengiriman hewan kurban ke pembeli, biasanya dilakukan pada H-2 atau H-1. 

Selama hewan belum dikirimkan, kesehatan dan pakan menjadi tanggung jawab penjual. Dan akan ada garansi, jika terjadi sesuatu pada hewan kurban. 

Namun Sahabat Tani yang tertarik untuk tetap membeli sapi kurban di pasar hewan Jonggol, dapat membeli dengan waktu mendekati pelaksanaan hari raya iduladha. Sebagai contoh, jika lebaran haji 2023 jatuh pada tanggal 28 atau 29 Juni, maka dapat membeli pada hari Senin tanggal 26 Juni 2023.

Beli Sapi Kurban Pasar Hewan Jonggol, Perhatikan Ini!"Beli Sapi Kurban Pasar Hewan Jonggol, Perhatikan Ini!"

Hal ini disebabkan, pasar hewan Jonggol hanya buka pada hari senin dan kamis dalam satu pekan. Sementara untuk perawatan, biasanya pihak DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) telah menyediakan lahan khusus dan sekaligus orang yang akan merawat sapi. Tentunya Sahabat Tani harus mengeluarkan biaya sesuai kesepakatan.

Bagaimana, Sahabat Tani sudah menentukan pilihan?

 

 

Related News