• 21 July 2024

Aksi Simpatik Demi Kesejahteraan Ayam Lebih Baik

Jagadtani - Melanjutkan aksi simpatik di ajang Car Free Day - Jakarta (25/06), konsumen dan masyarakat Indonesia yang tergabung dalam Ayam Sejahtera Indonesia kembali melakukan aktivitas kampanye agar ayam yang dikonsumsi masyarakat Indonesia dalam kondisi sehat, aman dan bebas dari praktek kekejaman hewan (27/06).

Salah satu sasaran dalam aktivitas ini, ditujukan kepada industri restoran cepat saji agar dapat mewujudkan prinsip-prinsip kesejahteraan ayam yang lebih baik (Better Chicken Commitment - BBC).

Aksi simpatik dilakukan dengan memberikan surat saran dan origami ayam ke sejumlah gerai KFC Indonesia yang berada di beberapa kota. Aksi ini bertepatan dengan aktivitas global yang berlangsung di beberapa negara.

Aksi Simpatik Kesejahteraan Ayam Lebih Baik"Aksi Simpatik Kesejahteraan Ayam Lebih Baik"

Masyarakat Indonesia juga berhak mendapatkan makanan yang aman dan sehat dari berbagai restoran cepat saji. Hal ini sesuai dengan yang disampaikan Joehana Sahea - Koordinator Nasional Ayam Sejahtera Indonesia, "Konsumen Indonesia memiliki haknyang sama dengan konsumen di negara Eropa, seperti Perancis, Denmark, Belgia, Jerman, Belanda, Inggris dan lainnya. KFC telah menerapkan prinsip BBC, sehingga kami percaya dan mendukung KFC Indonesia melakukan hal sama bagi konsumen Indonesia."

Peran serta seluruh lapisan masyarakat (konsumen), peternak ayam hingga pemerintah harus peduli dengan kesehatan ayam yang dikonsumsi. "Semua saling terkait, tetapi peran serta konsumen dalam menuntut hak menjadi kunci utama dalam mewujudkan ayam sehat yang dikonsumsi."

Aksi Simpatik Kesejahteraan Ayam Lebih Baik"Aksi Simpatik Kesejahteraan Ayam Lebih Baik"

Kesejahteraan ayam dapat dilihat dari minimnya penggunaan antibiotik, untuk mendapatkan ayamh yang sehat maka harus memperhatikan ukuran kandang maupun sistem sirkulasi udara maupun paparan sinar matahari.

Begitu pula dengan kesejahteraan peternak, mengingat harga pakan melambung tinggi menjadi salah satu bagian dari konsentrasi Ayam Sejahtera Indonesia. "Untuk permasalahan harga pakan, seluruh pihak memiliki peran agar kesejahteraan peternak. Harus diadakan diskusi antara peternak, pengusaha dan tentu saja pemerintah agar mendapatkan solusi." Pungkas Joehana Sahea.

Alasan aksi ditujukan pada restoran cepat saji dalam kesejahteraan ayam, dinilai industri ini mempunyai kekuatan dan tanggung jawab karena memiliki peran besar pada keseluruhan industri makanan.

Aksi Simpatik Kesejahteraan Ayam Lebih Baik"Aksi Simpatik Kesejahteraan Ayam Lebih Baik"

Aditya Rennov - juru kampanye publik dan korporasi World Animal Protection (WAP) mengatakan "Dukungan masyarakat dapat mendorong restoran cepat saji dalam mewujudkan kesejahteraan yang lebih baik bagi ayam dalam rantai suplai mereka sehingga memberikan ayam yang sehat, aman dan bebas dari praktek kekejaman hewan."

Memang tidak dapat dipungkiri, kesejahteraan ayam membutuhkan perhatian khusus. Ayam yang sehat berkat penyesuaian ukuran kandang hingga sistem sirkulasi menjadi faktor terpenting. Paling tidak diharapkan kesehatan ayam tidak bergantung pada anti biotik. Dan peran serta masyarakat menjadi kunci keberhasilan dalam kesejahteraan ayam.

Related News