• 2 May 2024

Peternak Domba dan Sapi Banjir Pesanan Kurban

Jagadtani - Hari Raya Idul Adha membawa berkah bagi pedagang ternak baik kambing, domba, maupun sapi. Mereka kebanjiran pesanan untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban.

Hal ini seperti dirasakan peternak kambing dan domba, Handaru Jati, warga Desa Sawit, Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Permintaan hewan kurban naik 50 persen.

"Sudah ada yang pesan 120 ekor domba. Pengalaman tahun lalu, domba yang kami sediakan selalu sold out, bahkan menolak pembeli karena tidak mampu menyediakan lagi," ujarnya, Rabu (28/6/2023).

Peternak Domba dan Sapi Banjir Pesanan untuk Kurban"Peternak Domba dan Sapi Banjir Pesanan untuk Kurban"

Handaru menjelaskan, permintaan hewan kurban berasal dari Klaten dan daerah sekitarnya seperti Soloraya hingga Yogyakarta. Untuk harga bervariasi dari Rp 2 juta sampai Rp 15 juta tergantung bobot dan jenisnya.

"Kami menjualnya dengan cara ditimbang. Harganya bervariasi, tinggal disesuaikan dengan budgetnya saja. Dari Rp 2 juta sampai Rp 15 juta untuk yang super," ujarnya. 

Peternak Domba dan Sapi Banjir Pesanan untuk Kurban"Peternak Domba dan Sapi Banjir Pesanan untuk Kurban"

Berkah Idul Adha juga dirasakan peternak sapi, Pariyono. Ia mengatakan sapi untuk kurban yang paling diminati pembeli yakni dikisaran harga Rp 20 jutaan.

"Alhamdulillah permintaan untuk kurban naik. Sapi saya sudah laku 25 ekor. Untuk bobot bervariasi antara 300 kilogram hingga 400 kilogram," ujarnya.

Related News