• 28 April 2024

Pelepasliaran Monyet Ekor Panjang Terbanyak di Sumut

uploads/news/2023/07/pelepasliaran-monyet-ekor-panjang-87788965138b9bd.jpg

12 ekor Monyet Ekor Panjang Dilepasliarkan di kawasan Suaka Margasatwa Karang Gading Langkat Timur Laut yang berada di Paluh Jaring - Sumatera Utara, pada Selasa (27/06).

Pelepasliaran Monyet Ekor panjang (Macaca fascicularis) merupakan rangkaian Road To HKAN 2023 Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Resort SM. Karang gading Langkat Timur Laut III Selotong, pada Seksi Konservasi Wilayah II Stabat yang bekerjasama dengan Yayasan Scorpion Indonesia.

Ke 12 ekor monyet tersebut, 10 ekor diantaranya merupakan satwa rehabilitant berasal dari Macaca Rescue Centre Batang Toru dan 2 ekor lagi berasal dari Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Sibolangit, yang sebelum dilepasliarkan menjalani rehabilitasi di kandang satwa, di kantor Seksi Konservasi Wilayah II Stabat. 

Pelepasliaran kali ini dilakukan dengan jumlah yang paling banyak. Sebelumnya sudah sering dilaksanakan pelepasliaran di SM Karang Gading Langkat Timur Laut dengan lembaga mitra Yayasan Scorpion Indonesia, namun ini yang terbanyak jumlahnya untuk sekali pelepasliaran.

Keseluruhan satwa sudah menjalani tahapan rehabilitasi dan sesuai prosedur sudah dilakukan check kesehatan sebelum dilepasliarkan. Dengan pelepasliaran ini diharapkan satwa liar ini dapat membantu regenerasi hutan di kawasan konservasi dengan penyebaran biji brembang.

Related News