• 2 March 2024

Merawat Ayam Pakhoy Agar Makin Prima

"Konsisten menjadi kunci dalam merawat ayam jago yang biasa mengikuti kontes. Ayam Pakhoy yang sehat juga dapat dilihat melalui kondisi bulunya.'

Jagadtani - Memiliki ayam jagoan dalam mengikuti kontes membutuhkan ekstra perhatian untuk kesehatannya. Pola perawatan yang konsisten juga menjadi kunci dalam menjaga kesehatan ayam Pakhoy. 

Imam dari WND Farm menjelaskan, kunci kesehatan ayam kontes berada pada kebersihannya. Namun juga harus memperhatikan kondisi ayam sebelum memulai seluruh perawatan.

"Sebelum memulai perawatan, kondisi ayam harus diperhatikan dengan teliti. Jika ada perubahan pada kondisi ayam, seperti mata yang ngantuk atau lainnya maka harus diberi vitamin atau obat. Di sini kami menggunakan vitamin dan obat impor untuk menjaga kondisi ayam."

Memberi pakan ayam kontes "Memberi pakan ayam kontes "

Ayam Pakhoy maupun ayam untuk kontes diberikan pakan bernutrisi tinggi, seperti beras merah, jagung, gabah dan lainnya. Saat akan memberikan paka, menjadi waktu untuk memastikan kondisi ayam.

Setelah dipastikan kondisi ayam kontes dalam keadaan sehat, perawatan ayam kontes dilanjutkan dengan mengumbar. Untuk mengumbar ada kandang khusus berukuran 250cm X 100cm berketinggian 70 - 100cm. Umbaran juga harus diberi alas agar menjaga kesehatan kaki ayam Pakhoy.

Merawat Ayam Pakhoy sebelum berlaga"Merawat Ayam Pakhoy sebelum berlaga"

"Perawatan dilanjutkan dengan menjemur ayam, untuk waktu penjemuran berkisar antara 1 hingga lebih dari 2 jam. Waktu penjemuran harus disesuaikan dengan kondisi ayam, biasanya ayam yang lebih muda hanya membutuhkan waktu tidak lama." tutur Imam.

Ayam yang telah dijemur dapat dilanjutkan dengan 'memutar' atau olahraga. Selanjutnya ayam kontes yang biasanya jenis Ayam Pakhoy, Ayam Pama, Ayam Bangkok dan lainnya dapat diistirahatkan.

Merawat Ayam Pakhoy Agar Makin Prima"Merawat Ayam Pakhoy Agar Makin Prima"

Untuk kebersihan ayam dapat dengan mengkorok agar dapat menghilangkan lendir pada saluran pernafasan. Mengkorok mengunakan bulu ayam harus dilakukan oleh mereka yang telah ahli agar tidak melukai ayam kontes.

Sedangkan waktu makan ayam dibagi dalam pagi dan sore. Khusus sore hari, setelah proses makan harus dianginkan atau jangan langsung di kerodong. "Biasanya suhu tubuh ayam akan meningkat setelah makan, jika langsung di kerodong berpotensi menimbulkan gejala penyakit pernafasan dan snot dan lainnya." Pungkas Imam dari WND Farm ini.

Memandikan ayam kontes"Memandikan ayam kontes"

Proses perawatan ini harus dilakukan secara berkala dalam menjaga kesehatan ayam kontes. Konsisten, ekstra perhatian dan menjaga kebersihan menjadi kunci keberhasilan dalam merawat ayam Pakhoy maupun ayam kontes lainnya.

Related News