• 16 June 2024

Bantuan Alsintan untuk Meningkatkan Produksi Pertanian Klaten

Jagadtani - Pemerintah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) kepada para kelompok tani, Kamis (13/07). Bantuan alsintan diharapkan mampu meningkatkan produktivitas hasil pertanian.

Bantuan alsintan untuk 16 kelompok tani ini senilai total sekitar Rp 11 miliar yang berasal dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten. Selain alsintan juga ada bantuan perikanan.

Bupati Klaten Sri Mulyani menjelaskan pemerintah mengalokasikan anggaran alsintan bertujuan untuk membantu petani dalam peningkatan kualitas dan produktivitas hasil pertanian.

Bantuan alsintan dari pemerintah untuk kelompok tani di Klaten, Jawa Tengah"Bantuan alsintan dari pemerintah untuk kelompok tani di Klaten, Jawa Tengah"

"Jadi kalau dulu alat-alat seperti ini sangat sulit kita cari. Tenaga dulu pakai tenaga manusia. Saat ini cari manusianya sulit tapi orang sekarang pintar-pintar mempunyai alat. Orangnya sedikit tapi alatnya banyak, kalau dulu orangnya banyak tapi alatnya terbatas," ujarnya.

Sri Mulyani berpesan kepada kelompok tani penerima bantuan alsintan agar memanfaatkan dengan baik. Melalui bantuan tersebut diharapkan kesejahteraan petani juga ikut naik.

Bantuan alsintan dari pemerintah untuk kelompok tani di Klaten, Jawa Tengah"Bantuan alsintan dari pemerintah untuk kelompok tani di Klaten, Jawa Tengah"

"Bantuan yang diberikan harus diperlihara dengan baik agar bisa dipakai lebih lama, sehingga manfaatnya bisa dirasakan seluruh kelompok tani. Tidak boleh digadaikan, tidak boleh dijual. Manfaatkan sebaik-baiknya," ujarnya.

Ketua KTNA Kabupaten Klaten, Maryanto, mengaku senang dan berterimakasih kepada pemerintah yang peduli terhadap petani dengan memberikan bantuan alsintan. Menurutnya, kondisi pertanian khususnya padi di Klaten sejauh ini masih aman. Sebab mayoritas petani masih bisa panen. 

Bantuan Alsintan untuk Meningkatkan Produksi Pertanian Di Kalten
"Bantuan Alsintan untuk Meningkatkan Produksi Pertanian Di Kalten "

"Saat ini petani sedang mempersiapkan musim tanam berikutnya untuk menanam jagung, kedelai, dan tembakau. Namun disebagian daerah juga masih menanam padi," ujarnya.

Related News