• 2 May 2024

Bazaar Durian Bangka, Incar Perhatian Pasar Internasional

uploads/news/2023/07/bazaar-durian-bangka-incar-7177143cae2dda2.jpg

Bazaar Durian Air Mesu di Bangka Tengah menjadi salah satu usaha besar memperkenalkan durian agar dapat menembus pasar dunia. Langkah ini demi mendapatkan transaksi secara global yang terus meningkat setiap tahunnya. Tercatat pada tahun 2021 mencapai 53,2 trilyun (FAO, 2021) atau meningkat 264%.

Padahal di Indonesia memiliki keragaman dan kekayaan sumber daya genetik, saat ini telah ada 114 varietas durian yang telah diperkenalkan. Tentunya sangat disayangkan bila jumlah tersebut belum dapat menembus pasar durian dunia.

Presiden Jokowi telah mencanangkan program "one village one commodity" untuk mendorong dan memotivasi upaya pengembangan komoditas hortikultura. Hal ini diimplementasikan oleh Pemerintah Daerah dengan menggiatkan upaya mengangkat potensi komoditas hortikultura, salah satunya durian. 

Kepulauan Bangka Belitung yang aktif dalam mengembangkan durian menjadi salah satu provinsi yang menjadi sentra durian di Indonesia. Bazar Durian digelar di Desa Air Mesu pada 13-15 Juli 2023 untuk mempromosikan durian-durian unggul yang juga sebagai komoditas andalan masyarakat setempat.

Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian, Prihasto Setyanto, yang hadir pada event ini menyampaikan harapannya atas peran semua pihak mulai dari petani, masyarakat, pemerintah daerah, pemerintah pusat. “Ini sangat dibutuhkan untuk mengembangkan Kepulauan Bangka Belitung khususnya Bangka Tengah untuk menjadi sentra durian nasional”, tambahnya.

Kepala Pusat PVTPP, Dr. Ir. Leli Nuryati, M.Sc., turut hadir dalam event ini bersama Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bangka Tengah, beserta rombongan.

Leli menyerahkan Tanda Daftar Varietas Durian Rossi dan Putri Dewa kepada Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Barat. "Kami selalu mendorong Pemerintah Daerah mendaftarkan varietas lokal dan mengembangkannya untuk menjadi potensi penggerak ekonomi di daerah", ujar Leli.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sendiri telah melepas dua varietas durian unggulnya, yaitu durian Klamunod dan durian Namlung Petaling 06.

Related News