• 29 April 2024

Berburu Ikan Hias Air Laut Pasar Sumenep

"Letak pasar ikan hias Sumenep memang tersembunyi, serasa hidden gem bagi penghobi ikan hias. Terlebih lagi bagi mereka yang menyukai ikan hias air laut."

Jagadtani - Mungkin tidak banyak yang mengetahui keberadaan pasar ikan hias Sumenep di tengah kota Jakarta. Berada di jalan Sumenep, Menteng - Jakarta Pusat membuat pasar yang berdiri sejak 1970 lebih dikenal sebagai pasar ikan hias Sumenep. 

Tidak hanya ikan hias air laut, di pasar yang buka sejak pagi hari juga tersedia ikan hias air tawar. Lokasi penjualan terbagi dua, jika masuk dari gapura 'selamat datang', maka sisi kiri merupakan pusat penjualan berbagai jenis ikan hias air laut dan juga beragam perlengkapannya. Untuk ikan hias air tawar berada di sisi kanan.

Berbagai jenis ikan hias air laut terdapat di pasar ini, mulai dari jenis predator hingga kecil lainnya. Selain itu, juga terdapat berbagai jenis koral maupun terumbu karang.

Ikan hiu di pasar ikan Sumenep "Ikan hiu di pasar ikan Sumenep "

"Untuk mereka yang ingin membeli ikan hias air laut, sebaiknya menjelang akhir pekan karena masih banyak pilihan. Hal ini disebabkan pengiriman ikan hias lebih banyak menjelang akhir pekan atau liburan." Ungkap Edi penjual ikan air laut di pasar Sumenep.

Dari pantauan tim Jagadtani, harga ikan cukup bervariasi yang dimulai dari puluhan ribu hingga jutaan. Begitu pula untuk harga coral maupun terumbu karang. 

Seluruh ikan hias air laut, coral dan terumbu karang berasal dari berbagai perairan laut di sekitar pulau Jawa. Selain hasil pengiriman dari nelayan yang menangkap, juga terdapat ikan hias air laut hasil budidaya. 

Ikan hias air laut pasar Sumenep "Ikan hias air laut pasar Sumenep "

Memang urusan harga ikan hias air laut tergolong murah, bahkan tidak berbeda jauh dengan ikan hias air tawar. Namun untuk biaya perawatan diperkirakan lebih mahal karena peralatan yang digunakan akan lebih mahal.

Sedangkan untuk penggantian air, diperkirakan hanya dilakukan setiap tiga bulan sekali. Mengganti air laut dengan banderol Rp10000 hanya cukup setengah dari total air di aquarium. Namun tetap tergantung sistem filterisasi yang harus mendukung.

Kios ikan hias air laut pasar Sumenep Jakarta "Kios ikan hias air laut pasar Sumenep Jakarta "

Bagaimana, Sahabat Tani tertarik dengan hobi memelihara ikan hias air laut?

 

 

Related News