• 24 February 2024

Bunga Bangkai Mekar Sempurna di Deli Serdang

uploads/news/2023/07/bunga-bangkai-mekar-sempurna-6131207300e23ad.jpg

Bunga Bangkai (Amorphophallus titanium) tumbuh mekar sempurna di areal tanah wakaf penduduk daerah Deli Serdang. Bunga tersebut memiliki tinggi bunga 73 cm, lebar 56 cm dan tinggi bonggol (spadix) 56 cm.

Bunga yang berada di Desa Namo Suro Baru, Kecamatan Biru-biru, Kabupaten Deli Serdang ini langsung dilakukan pemantauan dan diamati oleh kader konservasi alam binaan Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Sastra Meliala. 

Sebelumnya tidak jauh dari lokasi ini, bunga bangkai juga mekar sebanyak 2 (dua) kali, yaitu pada Sabtu, 8 Juli 2023, dengan tinggi bunga 93 cm, lebar 8 cm dan tinggi bonggol (spadix) 78 cm, serta pada Selasa, 11 Juli 2023, dengan tinggi bunga 87 cm, lebar bunga 75 cm dan tinggi bonggol (spadix) 71 cm.

Desa Namo Suro merupakan habitat dari bunga bangkai. Di desa ini hampir tiap tahun, sejak tahun 2020, bunga bangkai kerap tumbuh dan mekar dengan sempurna.

Melihat bunga bangkai ini sebagai potensi keragaman hayati yang unik, langka dan mempesona, mendorong serta menginspirasi warga untuk membentuk Kelompok Sadar Wisata Waras, yang diinisiasi oleh 5 orang kader konservasi binaan Balai Besar KSDA Sumatera Utara, dan mengembangkan lokasi ini menjadi bagian dari wisata edukasi konservasi bunga bangkai.

Kedepannya pendampingan akan terus dilakukan oleh Balai Besar KSDA Sumatera Utara dalam memberdayakan kader konservasi meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pelestarian tumbuhan langka yang dilindungi undang-undang.

Related News