• 28 April 2024

Dieng Kembali Membeku, Pertanian Terancam Gagal Panen

Kabar Dieng kembali membeku, tentu membuat para petani khawatir gagal panen. Terlebih untuk tahun 2023, turunnya temperatur di Dieng telah terjadi beberapa kali. Khusus untuk hari ini, suhu yang tercatat minus 3,5 derajat celsius sehingga sangat mengancam para petani di daerah tersebut.

Secara geografis, pegunungan Dieng berada di pusat Jawa Tengah merupakan Kaldera yang dikelilingi Gunung Prahu, Gn Sindoro, Gn Sumbing, Gn Sikunir, Gn. Bismo dan Gn Pakuwaja. Kondisi geografis dataran tinggi Dieng memang dapat dimanfaatkan sebagai lahan pertanian.

Berbagai hasil bumi dapat dihasilkan dari Dieng, Untuk pertanian di Dieng memang lebih di dominasi perkebunan kentang. Namun juga terdapat sayur mayur, seperti wortel, kubis, kol dan bawang-bawangan. Selain sayur mayur, Dieng juga terkenal dengan hasil buah-buahan meliput purwaceng, pepaya gunung (carica), jamur dan buah-buahan lainnya.

Dieng membeku @ranger_prau"Dieng membeku @ranger_prau"

Embun es yang tidak hanya menyelimuti pelataran komplek candi di Dieng, tentu juga melapisi tanaman para petani. Keadaan ini tentu sangat mengkhawatirkan karena minimal dapat merusak tanaman sehingga kemungkinan besar berujung gagal panen.

Tentu harapan para petani Dieng, suhu dapat segera kembali normal. Terlebih mayoritas penduduk di sana mengandalkan pertanian sebagai mata pencariannya. 

Suhu udara di dataran tinggi Dieng diperkirakan akan kembali menurun dengan puncaknya pada bulan Agustus hingga September. 

 

Related News