• 29 April 2024

Jelang El Nino, Sarana Pertanian Wajib DIperhatikan

uploads/news/2023/08/jelang-el-nino-sarana-37644e632c45a00.jpg

Menjaga stok pangan dalam menghadapi perubahan iklim ekstreme atau EL Nino menjadi bagian terpenting. Terlebih diperkirakan El Nino akan berlangsung cukup panjang pada tahun ini. Tentunya seluruh sarana dan prasarana pertanian harus dapat berfungsi agar mendukung selama proses panen raya.

Untuk panen raya dalam menjaga stok pangan secara nasional, Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi telah melakukan panen padi di lahan seluas 100 hektar di Dusun Petaling Jaya, Desa Simpang Yul, Kecamatan Tempilang, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), pada Jumat (04/08). 

"Pemerintah terus berupaya agar ketersediaan pangan tetap stabil dan terjaga walaupun BMKG memprediksi puncak El Nino berlangsung lama, yakni hingga September mendatang," ujar Wamen dalam panen raya padi di Babel.
 
Wamen juga mengingatkan dalam menghadapi perubahan ilim ekstreme atau El Nino, tidak hanya menjaga stok pangan. Tetapi harus mengoptimalkan sarana dan prasarana pertanian seperti jalan usaha tani, alsintan, pompa air dan irigasi tersier. "Banyak program yang sudah disiapkan oleh Kementan dalam menghadapi cuaca ekstrim El Nino, terutama pada daerah-daerah yang memang rawan kekeringan," katanya.
 
Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Suganda Pandapotan Pasaribu mengungkapkan bahwa selama ini sektor Pertanian di Babel adalah sektor yang paling strategis karena terbukti mampu menumbuhkan ekonomi.
 
"Kami melihat masyarakat sangat antusias, sehingga kita bisa menggeser mindset mereka dari tambang ke pertanian. Kita bersyukur karena kehadiran Pak Wamen memastikan kebutuhan masyarakat terpenuhi," katanya.
 
Diketahui, kegiatan panen raya ini merupakan panen dengan masa tanam dua kali atau IP200 dengan rata-rata produksi mencapai 6 ton per hektare. Pemerintah melalui Kementan terus mengoptimalkan produkai melalui berbagai bantuan seperti penyediaan benih unggul, alsintan dan layanan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

 

 

Related News