• 29 April 2024

Dunia Kopi, Wisata Kopi Nusantara di Jakarta

Jagadtani - Semerbak aroma khas kopi langsung dirasakan bila Sahabat Tani mengunjungi Pasar Santa di Kebayoran Baru - Jakarta Selatan. Nikmatnya aroma kopi berasal dari Dunia Kopi yang berada di area blok A (basement) ini.

Telah buka sejak tahun 2000, Dunia Kopi menjadi lokasi untuk berwisata kopi nusantara. Toples berukuran besar yang berada di beberapa los milik Suradi ini memang menyediakan kopi dari seluruh pelosok Indonesia.

"Indonesia sangat kaya dengan keanekaragaman kopi menjadi awal saya mendirikan Dunia Kopi. Saya ingin mengumpulkan seluruh kopi tersebut untuk Wisata Kopi. Jujur saja, dulu tidak kepikiran untuk sampai besar seperti sekarang ini." Ungkap Suradi pada tim Jagadtani.

Dunia Kopi, Surga Wisata Kopi Nusantara di Jakarta"Dunia Kopi, Surga Wisata Kopi Nusantara di Jakarta"

Hingga kini, Dunia Kios telah menempati sekitar 50 kios yang berada di Pasar Santa ini. Kios - kios Dunia Kopi tidak hanya menyediakan kopi, tetapi juga terdapat kios peralatan kopi, seperti mesin kopi hingga berbagai teko. 

Sedangkan untuk pelanggan, Dunia Kopi tidak hanya hanya melayani penjualan dari konsumen nasional, tetapi juga melayani ekspor ke berbagai negara. "Konsumen berasal dari dalam negeri hingga luar negeri dengan omset minimal 500 kilogram setiap harinya."

Dunia Kopi, Surga Wisata Kopi Nusantara di Jakarta"Dunia Kopi, Surga Wisata Kopi Nusantara di Jakarta"

Berbagai kopi yang berasal dari Nusantara dipastikan tersedia di Dunia Kopi. Termasuk kopi termahal yaitu Arabika Puntang Honey Sunday Typica dari perkebunan bapak Ayi Suteja. Dengan harga Rp800 ribu/kg nya, kopi ini berhasil menjuarai kopi dunia.

Untuk menjaga kualitas kopi, Suradi mengatakan selalu membimbing para petani kopi melalui edukasi agar hasil kopi yang dihasilkan dapat menembus pasar kopi internasional. "Kami memastikan mendukung petani kopi Indonesia dengan membantu pemasaran produk kopi mereka melalui Dunia Kopi.

Kopi Indonesia juara dunia"Kopi Indonesia juara dunia"

"Dari Dunia Kopi selalu mendukung teman-teman yang menanam kopi dengan menerima hasil panen mereka. Paling tidak para petani tidak bingung ketika harus menjual hasil panennya. Berapa pun kwantitasnya kami terima, minimal satu kilo dan tentu setelah melalui proses QC." Ungkapnya

Tidak hanya menyediakan kopi berupa biji atau yang telah dihaluskam (grinder), tetapi di salah satu los dari toko Dunia Kopi juga terdapat area khusus bagi yang ingin menikmati kopi. Penyajian kopi yang disediakan juga beragam. Jadi bisa langsung merasakan kopi yang diinginkan.

Uniknya, Pak Suradi kerap menawarkan sendiri ke calon pelanggannya untuk merasakan kopi hasil racikan barista Dunia Kopi. Selanjutnya para penikmat kopi tersebut diajak ngobrol santai sambil menikmati kopi di deretan bangku. 

Dunia Kopi, Surga Wisata Kopi Nusantara di Jakarta"Dunia Kopi, Surga Wisata Kopi Nusantara di Jakarta"

Jujur saja, konsep yang ditawarkan Dunia Kopi seperti kembali ke masa menikmati kopi sambil ngeriung bersama orang lain. Ngobrol santai tentang hal apapun, walau awalnya tidak kenal. 'Obrolan Warung Kopi', yang kini mulai menghilang seiring maraknya 'Kopi Kekinian'.

Dunia kopi juga siap mendukung Sahabat Tani yang ingin belajar mendirikan kedai kopi dari awal hingga mulai beroperasi.

Related News