• 18 April 2024

Pelengkap Komoditas Pepaya Kota Bogor

uploads/news/2020/01/pelengkap-komoditas-pepaya-kota-40091937432a9d3.jpg

“Pepaya ini memiliki keunggulan banyak dibandingkan pepaya dari jenis lainnya.”
BOGOR - Guna melengkapi komoditas unggulan hortikultura dari jenis pepaya di Kota Bogor, para petani di Kota Hujan ini mulai mengembangkan budidaya pepaya merah delima. Sedikitnya, ada 600 bibit pepaya merah delima ditanam di lahan perkebunan yang dikelola oleh 11 kelompok tani.

Kepala Bidang Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Penyuluhan Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor, Dian Herdiawan mengatakan, 11 kelompok tani di Kota Bogor mendapatkan bantuan sebanyak 600 bibit pepaya merah delima dari Balai Penelitian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Barat. Setiap kelompok tani pada umumnya mendapatkan sebanyak 50 sampai 75 bibit pohon. 

"Bantuan bibit pohon merah delima ini sebagai bentuk sinergi kita dengan BPTP Jawa Barat, di mana BPTP Jawa Barat sebagai perpanjangan Kementerian Pertanian dalam hal penyebaran bibit maupun benih unggul di masyarakat," kata Dian ditemui jagadtani.id belum lama ini.

Baca juga: Kota Bogor Tanam Padi Anti-Stunting

 

Dengan bantuan bibit pepaya merah delima yang merupakan varietas unggul baru ini, diharapkan para petani juga lebih tertarik untuk dapat membudidayakannya. Hal ini menurutnya, untuk melengkapi komuditas unggulan holtikultura lainnya di Kota Bogor.

"Jadi selain untuk dinikmati sendiri, hasilnya bisa juga untuk memenuhi kebutuhan pasar. Sebab, pepaya ini memiliki keunggulan banyak dibandingkan pepaya dari jenis lainnya. Seperti, dapat menghasilkan puluhan buah dalam satu pohonnya sehingga nilai ekonomisnya semakin besar bagi petani," jelas Dian.

Keunggulan lainnya, lanjut dia, pepaya merah delima memiliki daging buah yang tebal dan rasanya manis. Selain itu, pohon pepaya merah delima juga kebal terhadap serangan penyakit jamur jika dibandingkan pepaya jenis lainnya.

"Pepaya ini dapat dipanen pada umur antara delapan sampai sembilan bulan sejak ditanam. Selain pepaya merah delima, di Kota Bogor yang telah dikembangkan lebih dulu ada pepaya jenis califonia dan calina," tuturnya.

Baca juga: Bisnis Progresif Ikan Cichlid

 

Ia juga menambahkan, pihaknya tak hanya menyalurkan bantuan bibit saja, namun memberikan penyuluhan kepada para petani agar pohon dapat tumbuh optimal dan menghasilkan buah pepaya yang lebih manis. 

"Jarak taman idealnya 2x1 meter dan penanaman bisa dengan sistem tumpang sari, tapi direkomendasikan dengan tanaman kacang-kacangan karena bisa menghasilkan nitrogen lebih bagus dan disarankan agar rasa buah lebih manis gunakan pupuk organik," ucapnya.

Sekedar informasi, pepaya merah delima yang matang dapat dikonsumsi sebagai makanan penutup ini memiliki kandungan vitamin C: 43,40 - 98,25 mg/100g. Saat ini, harga pepaya merah delima relatif cukup tinggi di pasar lokal Kota Bogor.

"Satu kilogram itu sekarang ini dikisaran Rp8.000 sampai Rp10.000," tandas Dian.

Baca juga: Berhenti Kerja jadi Peternak Sapi

 

Related News