• 3 May 2024

Hino Penuhi Kebutuhan Transportasi Perkebunan Kelapa Sawit

Jagadtani - Kebutuhan kendaraan untuk aktivitas di pertanian, pertambangan maupun perkebunan cukup tinggi. Terlebih untuk mengokomodir para pekerja perkebunan sawit untuk menuju lokasi pekerjaan atau sebaliknya. Kebutuhan tersebut dijawab oleh PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) yang menghadirkan enam kendaraan komersial pada GIIAS 2023.

Dua diantara kendaran tersebut adalah Hino 300 Microbus 115 SDBL 4x4 dan Hino 500 - FM 280 JD R Mining Spec. Sementara, 4 unit kendaraan yang dihadirkan Hino pada GIIAS yang digunakan melayani masyarakat yaitu Hino 500 - FM 340 TH ABS Ultimate Safety, Hino 300 - 136 HD Pemadam Kebakaran dan Sky Lift, serta terakhir Hino Bus GB 150 AT dengan bodi Trans Jakarta.

Kembali pada dua produk yang dapat memenuhi kebutuhan di perkebunan kelapa sawit, yakni Hino Microbus 115 SDBL 4x4 sebagai produk terbaru dari Hino yang diuncurkan dalam ajang GIIAS 2023. 

Hino Penuhi Kebutuhan Transportasi Perkebunan Kelapa Sawit"Hino Penuhi Kebutuhan Transportasi Perkebunan Kelapa Sawit"

Sebagai bus dengan konfigurasi 4x4 merupakan produk pertama buatan APM di Indonesia. Tentunya bus 4x4 akan cocok digunakan untuk mengantarkan para petani yang melalui berbagai medan. 

Berkat traksi yang maksimal pada seluruh roda membuat Hino Microbus 115 SDBL 4x4 dapat melibas jalan berlumpur, pasir, dan batuan yang biasa ditemui di pertambangan ataupun perkebunan.

Tentunya kemampuan Hino Microbus 115 SDBL 4x4 melalui berbagai medan berkat tersematnya fitur transfer shifting, transfer case, propeller shaft depan dan differential. Spesifikasi tersebut memang diperuntukan kendaraan yang melalui medan sehingga sangat mendukung operasional antar jemput karyawan di lokasi perkebunan dan pertambangan dengan kondisi jalan Off-Road.

"Kehandalan kendaraan buatan Hino telah banyak digunakan pada berbagai tambang dan juga perkebunan kelapa sawit. Perkebunan kelapa sawit yang berada di Sumatera dan Kalimantan telah membuktikan kinerja dari Hino Microbus 115 SDBL 4x4," ungkap Santiko Wardoyo, COO - Director HMSI saat sharing produk di booth Hino - GIIAS (14/08).

Hino Penuhi Kebutuhan Transportasi Perkebunan Kelapa Sawit"Hino Penuhi Kebutuhan Transportasi Perkebunan Kelapa Sawit"

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan membawa hasil panen atau tambang, Hino meluncurkan Hino 500 FM 280 JD R Mining Spec yang kini telah dilengkapi dengan Retarder.

Sebagai informasi bagi Sahabat Tani, Retarder adalah sistem pengereman tambahan secara Electromagnetic yang bertujuan dapat memperhambat laju kendaraan di area jalan pertambangan, tentunya mampu meningkatkan keselamatan berkendara, dan efisien dalam penggunaan kanvas rem.

Telah mengunakan mesin Euro 4 tipe J08E-WD, Hino 500 FM 280 JD R Mining Spec memiliki tenaga maksimal 280 PS / 2.500 rpm. 

Hino Penuhi Kebutuhan Transportasi Perkebunan Kelapa Sawit"Hino Penuhi Kebutuhan Transportasi Perkebunan Kelapa Sawit"

Fitur unggulan mulai dari ES Start yang berguna mencegah kendaraan mundur pada saat berhenti di tanjakan walaupun pedal rem dilepas. Fitur ES start system juga bertugas membantu Hino 500 FM 280 JD R Mining sehingga dapat menanjak dengan mudah.

Fitur lainnya pada Hino 500 FM 280 JD R Mining, yakni lug tire, power window, door lock dan AC yang dingin untuk kenyamanan pengemudi saat beroperasi di site pertambangan. 

Dengan gross vehicle weight (GVW) 26 ton, Hino 500 FM 280 JD R Mininge sangat cocok digunakan pada berbagai medan di pertambangan maupun perkebunan.

 "Kami berkomitmen untuk menyajikan solusi transportasi terdepan dengan truk dan bus berkualitas tinggi serta mendukung industri dalam negeri. Karena Truk dan bus Hino dirancang dengan mengutamakan keselamatan, kenyamanan, dan efisiensi untuk kemajuan bisnis pelanggan kami." Pungkas Santiko Wardoyo.

Related News