• 24 June 2024

TN Gunung Rinjani Gelar Pelatihan Budidaya Anggrek

uploads/news/2023/08/tn-gunung-rinjani-gelar-97059a12bfef086.jpeg

Keindahan pemandangan gunung Rinjani menjadikan salah satu agenda bagi pendaki gunung. Keindahan tersebut akan bertambah dengan adanya pelatihan budidaya dan sekaligus pengembangan anggrek yang diadakan Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR).

Kegiatan Pelatihan Budidaya dan Pengembangan Anggrek diadakan BTNGR dilaksanakan pada tanggal 9 hingga 10 Agustus 2023 di Hotel Puri Sharon.

Kegiatan dibuka dengan penyampaian materi potensi anggrek di Rinjani, teknik in vitro dan praktek penyerbukan serta pembuatan media tanam dan kemudian dilanjutkan sesi diskusi dan sharing pejabat fungsional PEH Balai Taman Nasional Gunung Rinjani.

Dalam pelatihan budidaya dan pengembangan bunga Anggrek, Balai TNGR mengundang langsung narasumber berpengalaman dari Tengger Orchid dan Lombok Orchid dengan peserta sebanyak 26 orang yang terdiri dari 17 orang Pejabat fungsional PEH TNGR dan 9 orang dari masyarakat binaan TNGR 

Pelatihan yang berlangsung selama dua hari, dengan materi hari kedua materi dilakukan praktek penebaran biji anggrek melalui kultur in vitro, praktek aklimatisasi hasil kultur in vitro, dan penyampaian materi taknik pemasarannya.

Kegiatan Pelatihan Budidaya dan Pengembangan Anggrek ditutup dengan pemberian souvenir dan foto bersama.

Related News