• 3 May 2024

Teknologi SVHS, Ramah Bagi Pemilik Suzuki dan Lingkungan 

Jagadtani - Teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) menjadi bukti PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dalam menghadirkan kendaraan ramah lingkungan sebagai bentuk kepedulian pada kondisi lingkungan sekitar. Bahkan dalam kurun waktu lalu, polusi di perkotaan, termasuk Kota Jakarta sangat tinggi.

Konsep dasar teknologi SHVS terbentuk dari penggunaan mesin pembakaran internal dengan penyematan Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium-Ion Battery. ISG yang tersemat memiliki fungsi ganda yaitu sebagai motor dan generator, sehingga dapat memberikan acceleration assist saat diperlukan dan dapat mengembalikan energi listrik kembali secara otomatis saat deselerasi. 

Sedangkan Lithium-Ion Battery berfungsi untuk menyimpan energi listrik yang digunakan saat mesin membutuhkan dukungan tenaga maupun menjalankan berbagai perangkat kelistrikan saat mobil digunakan. 

Teknologi SHVS Suzuki "Teknologi SHVS Suzuki "

Setahun setelah peluncuran, Lithium-Ion Battery yang digunakan dalam teknologi hybrid Suzuki telah terbukti andal dan belum mengalami keluhan signifikan dari pelanggan. Hal ini menegaskan kualitas tinggi dari komponen kunci dalam sistem hybrid Suzuki.

Keunggulan teknologi SHVS telah dibuktikan pemilik dari sebanyak 12.993 unit mobil Suzuki. Para pemilik mobil Suzuki dapat merasakan kemudahan perawatan tersebut, serta mendapatkan kepuasan melalui layanan yang diberikan oleh Bengkel Resmi Suzuki. Pengalaman menyenangkan yang dialami pelanggan tersebut turut menambah kepercayaan terhadap produk dan teknologi yang dihadirkan oleh Suzuki.

Hariadi, Asst. to Dept. Head Service PT Suzuki Indomobil Sales menerangkan bahwa teknologi SHVS yang saat ini sudah ada pada beberapa unit Suzuki merupakan teknologi yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan kendaraan yang efisien dan ramah lingkungan.

“Memiliki mobil hybrid seperti yang dihadirkan oleh Suzuki sangatlah menyenangkan. Setidaknya itulah cerita pengalaman yang kami dapatkan dari pelanggan yang telah melakukan perawatan rutin di Bengkel Resmi Suzuki. Tidak hanya karena mudah dan praktis dalam penggunaan maupun perawatan, namun secara biaya juga tetap tergolong terjangkau dan tidak berbeda dari model sebelumnya. Sebagai contoh saja, total biaya perawatan rutin All New Ertiga Hybrid dan New XL7 Hybrid selama 5 tahun masih berkisar mulai dari angka 6 jutaan Rupiah.”

Teknologi SHVS telah diterapkan pada All New Ertiga, Grand Vitara, dan New XL7 Hybrid. Dengan berbagai pilihan produk hybrid yang ditawarkan, konsumen memiliki kesempatan lebih besar untuk mengadopsi gaya hidup yang berkelanjutan tanpa mengorbankan kinerja atau kenyamanan. 

Rangkaian mobil Suzuki tersebut dapat dilihat dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, yang sedang berlangsung di ICE BSD City hingga tanggal 20 Agustus.

Tentunya untuk menjaga kinerja seluruh komponen-komponen yang ada pada teknologi SHVS, pemilik mobil Suzuki Hybrid harus diperhatikan perawatan untuk menjaga kinerjanya. Berikut ini merupakan cara merawat SHVS agar tetap berfungsi dengan baik:

1. Perawatan Rutin di Bengkel Resmi Suzuki dengan memanfaatkan free Service hingga 50.000 km

2. Pemanasan Kendaraan Secara Rutin dan Mengikuti Petunjuk Penggunaan Suzuki

3. Hindari Jalan Banjir untuk Menjaga Sistem Electrical

Baterai SHVS Suzuki "Baterai SHVS Suzuki "

“Untuk kedepannya kami berusaha untuk terus menjaga dan mempertahankan pelayanan yang terbaik kepada seluruh loyal konsumen. Teknologi SHVS yang saat ini sudah ada di beberapa unit kami menjadi salah satu bukti bahwa kami selalu ingin menghadirkan produk terbaik untuk menjawab kebutuhan konsumen dan ikut serta mendukung pemerintah untuk mengurangi pencemaran lingkungan,” tutup Hariadi. 

Related News