• 3 May 2024

Isuzu Mu-X 4x4, Kendaraan Andalan Perhutani

Jagadtani - Dalam GIIAS 2023, PT IAMI hadirkan Isuzu mu-X 4x4. Namun tampilannya terlihat berbeda karena mobil 4x4 ini digunakan sebagai kendaraan operasional Perusahaan Umum Kehutanan Negara (Perhutani).

Tentunya kehandalan Isuzu mu-X 4x4 sangat sesuai bagi Perhutani dalam menjalani operasional dengan medan offroad.

 “Isuzu D-Max dan Isuzu mu-X 4x4 sebagai line up product LCV Isuzu yang menjadi pelengkap dalam end-to-end operasional bisnis customer. Penetrasi aktivitas segmen Mining, Vehicle, & Plantation sesuai kegunaan LCV 4x4 sehingga memunculkan new fleet deal di segmen tersebut & perluasan share of wallet dari existing Customer CV Isuzu (support kendaraan CV Isuzu). Dan salah satunya adalah Perhutani.” ungkap Anton Rusli - Chief Executive Officer (CEO) PT Astra International Tbk – Isuzu Sales Operation selaku Reliable LCV Distributor.

Isuzu mu-X 4x4, Kendaraan Andalan Perhutani"Isuzu mu-X 4x4, Kendaraan Andalan Perhutani"

PT. Astra International Tbk – Isuzu Sales Operation (Astra Isuzu) pada awal Juni 2023 lalu telah menyerahkan sebanyak 70 unit Isuzu Mu-X 4x4 sebagai kendaraan operasional Perhutani.

Seluruh Isuzu Mu-X 4x4 tersebar untuk operasional Perhutani, dengan rincian 18 unit di antaranya digunakan oleh Perhutani Divisi Jabar dan Banten. Kemudian, 24 unit untuk Perhutani wilayah Semarang dan 28 unit untuk wilayah Surabaya.

Pihak Perhutani memilih Isuzu mu-X 4x4 dengan alasan, “Kami memang ada standardisasi, yakni regulasi yang diatur direksi bahwa kendaraan yang digunakan satuan kerja harus menggunakan 4 WD. Tiga tahun lalu kami juga gunakan Isuzu mu-X 4x4 dan sampai sekarang tidak ada kendala," ungkap Kadiv Umum Perhutani, Arman Irawan

Isuzu mu-X 4x4 dipilih karena sesuai dengan standardisasi kendaraan operasional Perhutani, yakni jenis four-wheeld drive (4WD) dan terbukti andal digunakan Perhutani selama tiga tahun terakhir.

Chief Operation Officer (COO) Astra Isuzu, Yohanes Pratama menambahkan, “Kami bangga Isuzu D-mu-X 4x4 dipercaya Perhutani. Isuzu mu-X 4x4 menjadi pilihan tepat untuk digunakan di segala medan, termasuk di wilayah operasional Perhutani.”

Dengan tagline The Real Working Partner, Isuzu mu-X 4x4 dibekali dengan mesin RZ4E dengan turbo commonrail khas Isuzu dimana power telah disesuaikan dengan kebutuhan target market, yaitu 150 PS dan torsi 35,7 Kgm pada 1.800 – 2.600 rpm serta dikombinasikan dengan transmisi automatic 6 speed.

Untuk mendukung performa di medan offroad, Isuzu mu-X 4x4 dilengkapi dengan fitur-fitur 4WD yang lengkap untuk mendukung berkendara di medan off road. Seperti 4WD electric switch atau Shift on the Fly yang memudahkan pengoperasian.

Isuzu mu-X 4x4, Kendaraan Andalan Perhutani"Isuzu mu-X 4x4, Kendaraan Andalan Perhutani"

Pada sisi traction control, Isuzu mu-X 4x4 juga dilengkapi dengan Rough Terrain Mode. Fitur ini memberikan kemudahan saat melewati kontur jalan off road yang memerlukan kontrol traksi.

Isuzu mu-X 4x4 juga memiliki water wadding depth di 800 mm, dimana membuat Isuzu mu-X 4x4 bisa melewati air dengan mudah pada kedalaman 800 mm serta adanya underbody protection semakin melindungi bagian bawah kendaraan di medan off road.

Kenyamanan Isuzu mu-X 4x4 juga tidak perlu diragukan lagi, karena Isuzu mu-X 4x4 memiliki suspensi yang nyaman, yaitu coil spring di ke-empat rodanya. Suspensi khas Isuzu untuk mendukung di area offroad.

Untuk urusan performa mesin, Isuzu mu-X 4x4 dilengkapi dengan mesin yang tangguh dan efisien. Performa mesinnya memungkinkan mobil untuk menangani tugas-tugas patroli dengan mudah, baik di jalan raya maupun jalur off-road.

Dengan tenaga yang maksimal dan kapasitas tangka Isuzu mu-X 4x4 sejumlah 80 liter, Isuzu mu-X 4x4 juga dirancang untuk menghasilkan efisiensi maksimal sehingga hemat bahan bakar.

Hal ini mendukung untuk menambah jarak tempuh saat berkendara dengan Isuzu D-Max. Apalagi efisiensi ini sangat krusial dalam menjalankan operasional Perhutani yang seringkali memerlukan mobilitas jangka panjang di area hutan yang luas.

Area pertambangan atau area off road juga memiliki regulasi safety yang mengatur, sehingga armada yang disiapkan juga harus memiliki fitur yang mendukung. Isuzu mu-X 4x4 dilengkapi dengan fitur active safety:

ABS (Anti-Lock Brake System), EBD (Electronic Brake-force Distribution), BA (Break Assist): merupakan fitur sistem pengereman mobil untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

HSA (Hill Start Assist), HDC (Hill Decent Control): merupakan fitur keselamatan saat berada di tanjakan dan turunan

ESC, Electronic Stability Control : Fitur yang membantu pengemudi agar tidak kehilangan kontrol saat kondisi oversteer/understeer

TCS, Traction Control System: Fitur untuk menjaga stabilitas mobil saat berada di tikungan tajam.

EPB, Electronic Parking-brake (memudahkan pengoperasian rem parkir) dan Auto-hold Parking Brake (lebih aman saat berhenti sejenak seperti saat di lampu merah)

Ditambah dengan Emergency stop signal, Follow me Home, Headlamp manual Levelling, dan rear camera.

Sedangkan untuk passive safety, Isuzu mu-X dilengkapi dengan kombinasi pretensioner seatbelt, dual air-bag, serta crash door unlock, membuat berkendara semakin aman.

Isuzu mu-X 4x4, Kendaraan Andalan Perhutani"Isuzu mu-X 4x4, Kendaraan Andalan Perhutani"

Untuk mendukung operasional, Isuzu mu-X 4x4 ini juga memiliki bagian interior yang praktis untuk meletakkan perlengkapan site dengan mudah di luggage box ruang bagasi belakang. Seperti tool kits, sarung tangan, rompi hingga botol air yang cukup besar untuk di placeholder setiap pintunya.

Penggunaan Isuzu D-Max dan Isuzu mu-X 4x4 mayoritas merupakan armada bisnis pelanggan dengan aktivitas pada segmen mining, plantation, rental company dan juga sebagai supporting vehicle untuk bisnis kendaraan niaga, sehingga dibutuhkan dukungan total solution pada layanan purna jualnya, seperti:

Mechanic on site

Kami menyediakan mechanic tersertifikasi ATPM dan tersebar di seluruh Indonesia untuk memberikan layanan perawatan maupun perbaikan, baik periodical maintenance, non-periodical maintenance atau emergency handling langsung di tempat pelanggan.

Ketersediaan suku cadang

Kami memiliki beberapa program untuk memastikan ketersediaan spare part bagi pelanggan kami yaitu melalui Program Bundling Pembelian Spare Part dan Spare Part On Site melalui Program Vendor Held Stock (VHS) dimana kami memberikan diskon khusus pembelian initial stock bagi pelanggan. Harapannya dengan kedua program tersebut kebutuhan spare part customer dapat terpenuhi secara maksimal. 

Physical Availability

Kami mendukung operasional bisnis pelanggan untuk memastikan agar kendaraan siap dan layak digunakan, sehingga physical availability armada yang digunakan di tempat bisnis pelanggan tetap terjaga.

Related News