• 28 April 2024

Isuzu Hadirkan Traga Dan Giga Versi Refrigerator

Jagadtani - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) turut menghadirkan Isuzu Traga dan Isuzu Giga versi box pendingin atau refrigerator dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Pickup Isuzu Traga versi box pendingin atau refrigerator, sejatinya bak kulkas berjalan yang memiliki fungsi penyimpanan dengan suhu rendah (cold storage). Suhunya harus terjaga antara -25 hingga +10 derajat celcius.

Konsitensi suhu atau temperatur dalam dunia industri distribusi makanan dan minuman dingin menjadi hal utama. Tujuannya tentu demi menjaga kualitas produk yang diantar agar tetap fresh dan layak konsumsi.

Isuzu Traga Refrigerator hadir sebagai solusi yang handal bagi banyak perusahaan dalam menjaga kesegaran dan keamanan produk mereka. Apalagi sejak pandemic COVID-19 yang melanda seluruh dunia di awal tahun 2020.

Isuzu Traga Refrigerator "Isuzu Traga Refrigerator "

Isuzu Traga Refrigerator menjalankan perannya untuk tetap menjaga kondisi makanan beku tetap awet dan tidak rusak saat penyimpanan maupun transportasi.

“Tren bisnis cold chain berkembang sangat pesat saat ini dan kedepannya. Termasuk adanya kebutuhan di bisnis e-commerce. Terbukti, gudang-gudang pendingin terus bermunculan, sehingga butuh armada yang bisa diandalkan. Kebutuhan cold chain supply kita akomodir, diantaranya melalui Isuzu Traga dan Isuzu Giga, yang telah teruji keandalannya. Baik dari segi mesin, rangka, bodi, hingga sistem kelistrikan yang stabil dan aman untuk box pendingin atau refrigerator,” jelas Attias Asril, Business Strategy Div. Head IAMI.

Merujuk data penjualan unit Isuzu kategori box dalam setahun terjual sebanyak 3.506 unit. Berdasarkan data tersebut, sebanyak 10% penjualan armada boks diperuntukkan sebagai refrigerator. 

Konsumen juga dipermudah dengan bantuan asistensi dalam proses pembuatan karoseri refrigerator. Yakni selain menyertakan SKRB (Surat Keputusan Rancang Bangun) kendaraan dari Departemen Perhubungan, Isuzu Indonesia juga terjun langsung dengan melibatkan application engineer yang paham betul soal body builder guide. Meski unit Isuzu tak sulit dijejali aplikasi apapun, termasuk refrigerator. Namun aspek safety dan fungsi pendingin menjadi fokus. Salah satunya soal insulasi, agar suhu di box pendingin kedap sesuai rekomendasi Isuzu Indonesia.

“Untuk memudahkan konsumen, kami juga meluncurkan Karoseri Portal berbasis website, yang bisa diakses oleh konsumen maupun Perusahaan karoseri. Intinya konsumen tinggal pasang refrigerator bisa langsung usaha, tanpa perlu ribet mengurus karoseri. Kami buat mudah semuanya, sebagai bentuk layanan kami, sambung Attias.

Dalam operasionalnya sebagai kendaraan box pendingin, Isuzu Traga memiliki banyak kelebihan, sebut saja soal dapur pacunya yang bertenaga, menggunakan mesin diesel 4JA1-CR 2.500 cc berteknologi Common Rail 4 silinder dilengkapi VGT Turbo Intercooler. Dapur pacunya lantas dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan. 

Isuzu traga dengan box pendingin"Isuzu traga dengan box pendingin"

Mesin ini juga sudah dibekali Exhaust Gas Recirculation (EGR) dan Diesel Oxidation Catalyst (DOC) sehingga mampu menghasilkan emisi gas buang berstandar EURO4. 

Selain performa dapur pacu, Isuzu Traga juga termasuk dalam produk jenis pick-up sehingga memudahkannya untuk akses masuk dalam kota.

Lantaran ukurannya yang tak terlalu besar, Isuzu Traga menawarkan kemudahan bermanuver di jalan-jalan yang sempit. Bahkan Isuzu Traga memiliki radius putar yang kecil yakni 4,5 meter saja.

Walaupun jenisnya pick-up namun Isuzu Traga dirancang memiliki dimensi kargo yang luas untuk memaksimalkan muatan. Isuzu Traga memiliki ukuran basis kargo dengan panjang 2,8 meter serta lebar 1,6 meter yang terbukti menjadi kargo terluas di kelasnya dan mampu mengangkut lebih banyak. 

Sebagai gambaran, Isuzu Traga Pick-up FD mampu membawa 60 galon sekali angkut, sementara Isuzu Traga Box mampu membawa 300 kardus mie instan sekali angkut. 

Kelebihan lain yang ditawarkan dari Isuzu Traga, adalah kenyamanan pengemudi yang semakin optimal. Baik Pick Up FD maupun box, Isuzu Traga dibekali fan blower untuk sirkulasi dalam kabin, koneksi audio Bluetooth, serta retractable seatbelt (sabuk pengaman) serta APAR. 

Kelebihan yang terakhir juga sangat penting adalah kemudahan layanan servis dan suku cadang. Dengan luasnya jaringan layanan purna jual mulai dari bengkel resmi Isuzu, Bengkel Isuzu Berjalan (BIB), Bengkel Mitra Isuzu yang berpengalaman, Field Advisor, hingga Training Center. Didukung pula jaringan Part Depo, Mini Depo dan Part Shop yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia.

Sehingga mampu mempercepat proses perbaikan dan meminimalisir downtime/kerusakan. Serta tak luput aspek komunikasi yang serba digital, telah diwujudkan Isuzu melalui digitalisasi layanan via aplikasi MyIsuzuID, website IsuzuLink, layanan customer service Isuzu Contact Center, serta Command Center Isuzu.

Khususnya mengawal kebutuhan rantai pasok dingin alias cold chain supply, yang dituntut tak boleh sampai mogok, serta suhu dan temperaturnya harus ter-manage baik. Tak ada kompromi, bisnis rantai pasok dingin harus siap terus berkerja kapanpun dan dimanapun dibutuhkan, zero downtime adalah etos kerja yang mutlak. Serta menjadi perhatian Isuzu melalui keandalan produknya yang dipadu dengan dukungan aftersales dan spare part di seluruh Indonesia, tegas Attias.

Selain Isuzu Traga, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) juga memboyong Isuzu Giga Refrigerator. Isuzu Giga Refrigerator bak kulkas raksasa berjalan dengan system pendinginan canggih yang siap mengantarkan komoditas barang baik makanan atau minuman dalam suhu yang terkontrol secara presisi kemana saja.

Isuzu Giga Refrigerator "Isuzu Giga Refrigerator "

“Isuzu Giga refrigerator banyak dibutuhkan sebagai armada first mile. Yakni mengangkut komoditas panganan beku menuju gudang-gudang pendingin, sebelum didistribusikan secara retail menggunakan Isuzu Traga,” terang Attias.

Isuzu Giga Refrigerated Box hadir dalam berbagai varian (5 varian), termasuk ukuran dan kapasitas yang berbeda-beda. Ini memberikan fleksibilitas kepada perusahaan dalam memilih truk yang paling sesuai dengan kebutuhan distribusi mereka. 

Umumnya untuk varian refrigerator atau box pendingin digunakan Isuzu Giga FVR P medium truk 4x2. Selain dimensi kargo yang besar, Isuzu Giga juga dibekali dapur pacu dengan spek Euro4 dengan EGR dan DOC, sehingga hasilkan emisi gas buang yang lebih ramah lingkungan.

Menggunakan mesin diesel heavy duty common rail 6HK1-TCN berkapasitas 7.799 cc 6 silinder dengan transmisi 6 percepatan dan final gear ratio 5.571 tangguh melewati berbagai jalanan, rata maupun tanjakan.

Mesin dengan Direct Injection Diesel berteknologi Diamond Like Carbon (DLC) dan Double Fuel Filter ini mampu torehkan tenaga 245 PS, dengan torsi puncak torsi 80.5 kg.m pada putaran 1,450 - 2,400 rpm.

Mesin ini juga sudah dibekali Exhaust Gas Recirculation (EGR) dan Diesel Oxidation Catalyst (DOC), sehingga mampu menghasilkan emisi gas buang berstandar EURO4. 

Saat membawa muatan, pengemudi truk juga dibekali beberapa fitur kenyamanan yang telah dioptimalkan, seperti Air Suspension Seat guna mengurangi kelelahan pengemudi, lalu hadir slot USB charger, sehingga pengemudi dapat menikmati perjalanan tanpa khawatir kondisi baterai ponsel pengemudi. Juga disiapkan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dan juga retractable seat belt.

Khusus Isuzu Giga tipe FRV L D telah dilengkapi under guard sehingga semakin aman ketika berkendara pada kondisi jalanan yang ekstrem. Juga transmisi PTO sehingga tidak perlu dimodifikasi dan dapat mempermudah aktivitas operasional kendaraan. 

Baik suku cadang maupun fasilitas bengkel yang mudah didapatkan dan tersebar di seluruh Indonesia, apalagi mekanik dan advisor Isuzu Indonesia telah berpengalaman sejak 2011 menangani mesin diesel modern common rail EURO 4. Tentu membuat tenang para pemilik truk dalam menjalankan operasional Isuzu Giga-nya sehari-hari.

Related News