• 4 May 2024

Tiga Tanaman Pengusir Nyamuk Di Musim Kemarau

uploads/news/2023/08/tiga-tanaman-pengusir-nyamuk-95550be55e11d0d.jpg

Perubahan iklim ekstrem atau El Nino berdampak pada berbagai sektor, terlebih pada Pertanian. Tetapi kemarau panjang juga berimbas pada banyaknya nyamuk di pemukiman penduduk. Menjaga kebersihan lingkungan menjadi bagian terpenting, namun tanpa disadari nyamuk dapat bertahan dari obat anti serangga. Untuk mengatasi, tidak ada salahnya Sahabat Tani menggunakan tanaman sebagai pengusir nyamuk di rumah.

Selain dapat mengusir nyamuk, beberapa tanaman juga dapat dijadikan penghias rumah agar terlihat asri dan wangi. Untuk tanaman - tanaman yang dapat mengusir nyamuk, yakni:

Lavender

Pastinya Sahabat Tani telah mengetahui, Lavender dapat mengusir nyamuk berkat kandungan minyak asiri pada kuncup bunga yang aromanya sangat dibenci nyamuk. 

Bunga Lavender dengan warna ungu ini dapat digunakan dalam proses mumifikasi dan pembuatan parfum oleh Bangsa Mesir, Fanisia, dan Arab. Bunga Lavender juga dapat digunakan sebagai obat herbal yang dapat membuat relaksasi hingga mengobati hiperaktif, perut kembung, sulit tidur, aktivitas mikroba pada gusi dan lainnya. 

Serai atau Sereh

Memberikan beragam manfaat, seperti mengurangi kolesterol dalam darah, meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan kualitas tidur, dan menghilangkan rasa sakit. Ternyata tanaman ini memiliki kandungan minyak atsiri yang juga bisa mengusir nyamuk hingga menyegarkan udara dan memberikan efek rileksasi.
 
Sereh atai serai (Cymbopogon citratus), masuk dalam tumbuhan anggota suku rumput-rumputan memang kerap dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Cukup mudah dalam penanaman Sereh di pot atau pekarangan rumah. 

Rosemary

Rosemary merupakan tanaman asli berasal dari Mediterania, tanaman ini termasuk ke dalam keluarga mint yang memiliki spesies banyak. Aroma yang dihasilkan bunga Rosemary dapat mengusir nyamuk, wangi bunga akan membuat nyamuk kehilangan inderanya.

Untuk bagian daun Rosemary juga dijadikan sebagai bumbu masakan karena aroma khasnya yang mirip seperti lemon dan mint, bisa membuat masakan lebih beraroma. biasanya daun Rosemary dicincang sampai halus lalu ditambahkan sesuai dengan resep makanan yang sedang dibuat.

Sebenarnya, masih terdapat beberapa tanaman lainnya yang dapat digunakan mengusir nyamuk. Namun ketiga tanaman pengusir nyamuk di atas lebih mudah dicari, ditanam dan dirawat dibanding beberapa lainnya.

Related News