• 28 April 2024

TNGM Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan Magelang

uploads/news/2023/08/tngm-antisipasi-kebakaran-hutan-19857abb16cf049.jpg

Mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di musim kemarau menjadi tanggung jawab seluruh pihak termasuk masyarakat setempat. Berbagai langkah pencegahan dilakukan, termasuk oleh Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM).

TNGM telah melakukan beberapa upaya pencegahan, diantaranya adalah mengikuti Rapat Koordinasi Pembentukan Tim Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) bersama para pihak di wilayah Kabupaten Magelang, di Kantor Markas Kepolisian Resor Kota (Mapolresta) Magelang (23/08).

Rapat Koordinasi dipimpin oleh Kabag Ops Polresta Magelang Kompol Eko Mardiyanto, S.H., M.AP.. Rapat Koordinasi dihadiri oleh Kodim Magelang, BPBD Magelang, TNGM, TN Gunung Merbabu, UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Magelang, KPH Kedu Utara, CDK Magelang, PMI Magelang, Dinas Perhubungan Magelang, dan Diskominfo Magelang.

Terdapat 3 (tiga) hasil koordinasi yaitu pertama, mendorong BPBD menyiapkan rencana kontijensi karhutla sehingga lebih terkoordinir dalam upaya pencegahan dan penanganan karhutla. Kedua, membentuk Tim Satgas yang diperkuat melalui Surat Keputusan dari Bupati Magelang. Ketiga, menyiapkan Gelar Apel Siaga karhutla dengan dibantu personil dari instansi lainnya.   

Rencana kegiatan Apel Siaga tersebut dilaksanakan di Jurang Jero, Resort Pengelolaan Taman Nasional (RPTN) Srumbung dengan melibatkan Masyarakat Peduli Api (MPA) Dukun dan Srumbung. Apel dengan peragaan alat pemadam kebakaran akan dihadiri oleh Bupati Magelang, Dandim 0705 Magelang, dan Kapolresta Magelang.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Balai TNGM, Muhammad Wahyudi, menyampaikan bahwa musim kemarau ini harus menjadi perhatian bersama, tidak hanya Balai TNGM. Terima kasih kepada Polresta Magelang yang telah berinisiasi mengadakan Rapat Koordinasi ini. Kita harus dapat mengantisipasinya, dan hal ini membutuhkan kerja sama berbagai pihak, pungkasnya. 

Related News