• 27 February 2024

Praktis dan Ramah Lingkungan, Wuling Air ev Menjadi Pilihan Mobilitas SK Garden 

Jagadtani – Peningkatan polusi udara di kota besar, termasuk Jakarta makin mengkhawatirkan dengan potensi mengancam Kesehatan pernafasan. Pohon atau tanaman hias dapat menjadi solusi di rumah agar membersihkan udara, melalui sistem fotosintetis pada siang hari. Salah satu tanaman hias yang sedang digandrungi, yakni Plantycerium atau akrab disebut Paku Tanduk Rusa.

Sebenarnya seluruh tanaman hias atau pohon yang dapat melakukan proses fotosintesis akan mampu menyerap debu maupun gas berbahaya serta membantu membersihkan udara. Walaudemikian, penggunaan kendaraan konvensional harus dibatasi dengan mengganti kendaraan listrik seperti yang dilakukan Friesia Sutijadi Widjaja sebagai pemilik SK Garden.

Dalam kesehariannya, pemilik SK Garden ini telah membatasi penggunaan kendaraan konvensional dengan mengganti menjadi Wuling Air ev. Friesia Sutijadi Widjaja atau akrab dipanggil Ica mengendarai Air ev dalam aktivitasnya, seperti plant consultant, plant traveler, plant collector dan lainnya.

Praktis dan Ramah Lingkungan, Wuling Air ev Menjadi Pilihan Mobilitas SK Garden "Praktis dan Ramah Lingkungan, Wuling Air ev Menjadi Pilihan Mobilitas SK Garden "

Tentunya langkah besar yang dilakukan Ica, sesuai dengan kebijakan pemerintah dalam mengurangi polusi udara yang mulai diterapkan di Ibukota Jakarta. Mulai 21 Agustus 2023, sebanyak 50% dari ASN akan menjalani kegiatan dari rumah atau WFH dengan tujuan mengurangi aktivitas penggunaan kendaraan konvensional sebagai penyumbang utama polusi udara.

Wuling Air ev tersedia dalam tiga tipe, termasuk varian Air ev Lite yang baru diluncurkan pada GIIAS 2023, merupakan kendaraan listrik yang ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi gas buang sebagai penyebab polusi udara. 

Wuling Air ev "Wuling Air ev "

“Wuling Air ev dapat menunjang berbagai kegiatan dan tidak perlu mengantri di SPBU, cukup mengisi baterai di rumah atau lokasi pengisian yang sudah tersedia di dealer Wuling. Selain ramah lingkungan, mobil berukuran compact ini bebas dari ganjil genap sehingga tidak ada batas dalam mengirimkan berbagai pesanan tanaman hias.” Ungkap Friesia Sutijadi Widjaja

Masuk dalam kategori battery electric vehicle (BEV), Wuling Air ev menjadi mobil listrik yang paling diminati sejak diluncurkan satu tahun lalu. Dengan dimensi yang compact dan tersemat berbagai teknologi membuatnya sangat nyaman digunakan dalam menunjang berbagai aktivitas di perkotaan. 

Praktis dan Ramah Lingkungan, Wuling Air ev Menjadi Pilihan Mobilitas SK Garden "Praktis dan Ramah Lingkungan, Wuling Air ev Menjadi Pilihan Mobilitas SK Garden "

Kenyamanan dalam penggunaan Air ev dapat diperoleh berkat rangka yang kokoh dengan balutan desain eksterior future-tech yang memadukan unsur teknologi serta futuristis. Untuk warna, Wuling Air ev tersedia dalam Pristine White, Avocado Green, Lemon Yellow, Peach Pink dan Galaxy Blue.

Pada baterai telah mengunakan lithium ferro-phosphate; IP67 Waterproof battery. Perangkat baterai tersebut telah lolos 16 model uji ketahanan pada beragam kondisi dan situasi. Mengusung konsep Easy Home Charging, membuat baterai Wuling Air ev dapat disi di rumah. Untuk lama waktu pengecasan, pada daya 2.2 kW membutuhkan waktu 8,5 hingga 11 jam dari 20 persen sampai full. Sedangkan pada daya 6,6 kW hanya butuh 4 jam (20 persen-100 persen).

Wuling Air ev juga telah mengadopsi teknologi IoV dan WIND. Melalui teknologi IoV akan memungkinkan pengguna memiliki konektivitas dengan kendaraan melalui koneksi internet. Fitur Wuling Remote Control App dapat membantu pengguna mengoperasikan beragam fitur kendaraan dari jarak jauh melalui aplikasi MyWuling+.

Teknologi IoV dapat digunakan mengoperasikan berbagai fitur, seperti navigasi online, Bluetooth, wireless mirrorlink, pesan online, geo fencing, vehicle positioning dan perintah mendengarkan musik favorit. Tidak hanya itu, teknologi IoV juga bisa memberikan kemudahan bagi pengguna untuk membuka dan mengunci pintu mobil, menyalakan dan mematikan mesin kendaraan hingga mengontrol AC.

WIND merupakan teknologi perintah suara untuk mengoperasikan berbagai fitur menggunakan perintah suara dalam bahasa Indonesia. Melalui teknologi WIND, pengguna Wuling Air ev dapat mengakses aplikasi online, mendengarkan musik, menelepon, memutar stasiun radio, mengatur volume, membuka jendela, mengoperasikan sunroof, menyalakan AC dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Untuk mengaktifkan perintah suara atau WIND, pengguna Wuling Air ev dapat memulai dengan mengucapkan “Halo Wuling” sebagai kata kuncinya.

Pada fitur keselamatan, Wuling Air ev telah dilengkap Anti-Lock Brake System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD). Dua buah Airbags juga tersedia (khusus pada Air ev pada tipe Long Range). Selain itu, juga telah tersemat sound module for pedestrian warning dan ISOFIX untuk mengkaitkan bangku anak.

Wuling Air ev "Wuling Air ev "

Demi kenyamanan dan mempermudah pengguna Wuling Air ev dalam mengetahui tekanan ban, telah tersedia fitur TPMS dan radar untuk mundur. Fitur unggulan yang juga tersedia pada Air ev adalah electronic stability control (ESC) dan electric parking brake.

Khusus pada Wuling Air ev varian long range, tersedia fitur tambahan yaitu integrated floating widescreen dengan layar meter cluster dan head unit berukuran 10,25 inci.

Wuling Air ev yang telah mengadopsi fitur keyless entry dan smart start system, tersedia dalam varian Air ev - Long Range (jarak tempuh 300km) dengan harga Rp 273.500.000, Air ev - Standar Range (jarak tempuh 200km) seharga Rp222 jutaan dan Air ev- Lite yang ditawarkan senilai Rp188 jutaan. 

Harga tersebut berkat potongan PPN yang sebelumnya 11 persen, kini menjadi 1 persen saja. 

Related News