• 3 December 2023

Bunga Cantik nan Wangi di Pasar Bunga - Rawa Belong

"Sebagai pasar bunga terbesar di Asia Tenggara, pilihan bunga yang tersedia tidak hanya bunga dari lokal, tetapi juga ada bunga yang didatangkan langsung dari Eropa."

Jagadtani - Berbeda dengan pasar pada umumnya, aroma wangi semerbak bunga langsung dirasakan ketika memasuki pasar bunga Rawa Belong Palmerah - Jakarta Barat. 

Sejak diresmikan pada tanggal 25 Juli 1989 oleh Ali Sadikin yang saat itu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Kini pasar bunga Rawa Belong dengan luas bangunan sekitar 5.000 meter persegi dan terbagi dua bangunan merupakan pasar bunga terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara.

Bunga Cantik nan Wangi di Pasar Bunga - Rawa Belong"Bunga Cantik nan Wangi di Pasar Bunga - Rawa Belong"
 
Walau memiliki nama Pusat Promosi dan Pemasaran Bunga dan Tanaman Hias Rawa Belong, kini lebih akrab disebut pasar bunga Rawa Belong.

Berbagai jenis bunga warna warni yang cantik dan harum tersedia di pasar yang beroperasi selama 24 jam ini. 

Bunga - bunga tersebut hadir dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Bogor, Bandung, Surabaya dan kota lainnya. Memang asal bunga di pasar bunga Rawa Belong lebih didominasi dari hasil petani lokal. 

Bunga Cantik nan Wangi di Pasar Bunga - Rawa Belong"Bunga Cantik nan Wangi di Pasar Bunga - Rawa Belong"
 
Namun beberapa penjual bunga juga menyediakan bunga dari luar negeri, yakni Belanda, Vietnam, Thailand dan negara lainnya. Seluruh bunga tersebut masih dalam keadaan segar atau fresh. 

Berbagai bunga yang tersedia meliputi bunga Matahari, Tulip, Sedap Malam, Anggrek, Mawar dan banyak lagi. Namun seluruh bunga tersebut, terkadang tersedia saat musimnya saja. 

Bunga Cantik nan Wangi di Pasar Bunga - Rawa Belong"Bunga Cantik nan Wangi di Pasar Bunga - Rawa Belong"
 
Seandainya tidak memasuki bunga, dipastikan harga yang ditawarkan akan melambung tinggi. Begitu pula menjelang hari besar keagamaan, beberapa bunga yang diincar pembeli akan naik secara drastis. 

Sebagai contoh bunga Sedap Malam, ketika menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Imlek harganya menembus Rp1,5 juta. Sedangkan pada hari biasa berkisar Rp200 - 300 ribuan. 

 

Related News