• 29 April 2024

Cara Merawat Bunga Potong Agar Tahan Lama

Jagadtani - Mempercantik rumah dengan bunga potong kerap dilakukan menjelang hari raya keagamaan. Dengan komposisi rangkaian bunga yang tepat, penampilan sudut rumah dapat berubah. Dan tentunya aroma wangi dari bunga yang dipilih akan menyebar seluruh rumah, namun banyak yang lebih memilih bunga tiruan berbahan plastik agar tidak repot merawat bunga potong.

Padahal menggunakan bunga potong sebagai pilihan dalam mempercantik rumah memiliki banyak keuntungan, termasuk bagi kesehatan pemilik rumah. Dari hasil penelitian, bunga seperti peace lily, garbera, dan bromelia dapat menghilangkan racun di udara sehingga ruang di dalam rumah menjadi lebih segar.

Kehadiran bunga potong yang masih segar berkat perawatan di dalam rumah juga dapat meningkatkan kadar oksigen sehingga dipastikan kualitas udara akan semakin membaik. Dengan kadar udara yang lebih baik, tentunya dapat meningkatkan konsentrasi dalam beraktivias. 

Sedangkan aroma wangi yang dihasilkan dari bunga potong dapat memberikan efek aromaterapi sehingga tubuh menjadi rileks setelah menjalani rutinitas seharian penuh.

Masa hidup bunga potong hingga layu atau kering berkisar antara 4 - 15 hari, waktu tersebut tergantung dengan jenis bunga dan tentu saja cara perawatannya.

Salma - Pasar Bunga Rawa Belong"Salma - Pasar Bunga Rawa Belong"
 
Untuk mengetahui tips merawat bunga potong, tim Jagad Tani mendapatkan dari Salma - pedagang bunga di Pasar Bunga Rawa Belong, Jakarta Barat. Menurut Salma pada dasarnya cara merawat bunga potong sangat mudah, tetapi harus dilakukan setiap hari. "Dengan merawat secara rutin dapat memperpanjang usia bunga potong di dalam vas." ungkapnya.

Memotong tangkai bunga menjadi kewajiban dalam merawat bunga potong di dalam rumah. Cara memotong ujung tangkai bunga secara diagonal sepanjang 1 - 2 cm. 

Dalam merawat bunga potong yang juga harus diperhatikan adalah kondisi air di dalam vas bunga. "Air di dalam vas bunga harus diganti setiap hari, hal ini agar menghindari batang bunga cepat membusuk. Air bersih yang digunakan sebisa mungkin adalah air dingin." ujar Salma.

Bunga Cantik nan Wangi di Pasar Bunga - Rawa"Bunga Cantik nan Wangi di Pasar Bunga - Rawa Belong"
 
Sedangkan langkah selanjutnya yang harus diperhatikan dalam merawat bunga potong adalah letak vas bunga, usahakan bunga potong tidak terpapar sinar Matahari. Tetapi juga jangan meletakan bunga di tempat yang gelap.

Langkah terakhir dalam merawat bunga potong yang harus dilakukan Sahabat Tani adalah memotong daun atau bunga yang telah layu. Hal ini untuk menghindari munculnya bakteri dan juga menjaga estetik rangkaian bunga potong.

Related News