• 5 May 2024

Jokowi Tegaskan Hilirisasi Kopi Dapat Meningkatkan Pendapatan

uploads/news/2023/09/jokowi-tegaskan-hilirisasi-kopi-964577e5de8128f.jpg

Dalam membuka secara resmi Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVIII Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HPMI), yang digelar di Nusantara Hall Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Presiden RI Joko Widodo kembali menegaskan pentingnya hilirisasi seluruh produk mentah di Tanah Air (31/08).

Salah satu produk mentah yang menjadi komoditas andalan Indonesia adalah kopi. Di Indonesia, terdapat jenis kopi robusta dan arabica yang memiliki cita rasa tinggi. Melalui pengemasan yang menarik, kopi akan memiliki nilai jual lebih tinggi.

"Seperti ini, Hajirocker Coffee, bagus sekali. Barang-barang seperi ini. Di seluruh Indonesia, baik Robusta maupun Arabica, banyak ditanam, jangan sekali-kali mengekspor bahan mentah seperti biji kopi, buat seperti ini, kuasai pasar domestik dan dapat dicontoh di berbagai daerah penghasil kopi." kata Jokowi sambil menunjukan kemasan kopi Hajirocker.

 Selanjutnya , Jokowi mengatakan Hilirisasi bukan hanya Nikel, namun kopi juga bisa dibuat hilirasi seperti pengemasan kopi maupun gula aren. Dibuat pengemasan yang baik agar menjadi daya tarik. 

Menyoal hal itu, Kementerian Pertanian menyambut baik dan siap mengembangkan kopi-kopi lokal. Upaya yang sudah dilakukan Kementan ke arah tersebut diantaranya yaitu pembangunan Nurseri Modern Tanaman Perkebunan di Gekbrong Kabupaten Cianjur Jawa Barat.

Nurseri itu menurut Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo merupakan tindaklanjut arahan Presiden RI pada September 2020 untuk membangun pusat pembenihan khususnya komoditas kelapa, jambu mete termasuk kopi.

"Kami mengharapkan, menyambut kerjasama dan kolaborasi semua pihak dalam rangka mengembangkan komoditas kopi ini baik di wilayah sentra-sentra pengembangan kopi maupun wilayah pengembangan. Hadirnya nurseri ini kebutuhan benih terpenuhi baik kuantitas maupun kualitas," kata Mentan.

Sebagai informasi, Kopi Hajirocker diinisiasi oleh Haji Asep Mulya Hidayat, salah satu tokoh muda Banten yang akrab disapa Elpresidente Hajirocker.

"Saya merasa kaget kopi Hajirocker dapat sampai ke tangan Presiden, ini berkat Doa dan kerja keras kita memberdayakan petanni kopi lokal di Banten, Saya juga tidak lupa menghaturkan ungkapan terimakasih kepada DPD HIPMI Pandeglang dan HIPMI Banten, yang telah menyampaikan Hajirocker Coffee hingga ditangan Presiden." Ungkapnya.

Saat ini, perkebunan kopi di Banten, mulai saatnya panen, dan sudah tumbuh dengan baik, untuk itu dapat dikembangkan, dengan pengemasan yang menarik, sesuai dengan yang disampikan Presiden Joko Widodo.

Related News