• 30 April 2024

Usaha Budidaya Tanaman Durian, Peluang Investasi Menjanjikan 

Jagadtani - Investasi bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya bertani. Seperti yang dilakukan Daniel Wijanarko asal Kelurahan Maguwoharjo, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Setelah pensiun dari pekerjaannya di sebuah perusahaan swasta nasional, pria berusia 57 tahun ini memilih membudidayakan tanaman durian. Jenis durian yang ia tanam antara lain Musang King, Pelangi, dan Bawor.

Usaha budidaya tanaman durian milik Daniel Wijanarko ini diberi nama Tana Durian, terletak di Desa Granting, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Berawal dari hobi, usaha budidaya durian yang ditekuni sejak tahun 2016 silam tersebut kini semakin berkembang dan menjadi agrowisata.

Usaha Budidaya Tanaman Durian, Peluang Investasi Menjanjikan"Usaha Budidaya Tanaman Durian, Peluang Investasi Menjanjikan"

"Saya berkebun itu skala hobi saja sebenarnya. Ternyata dari hobi ketika ditekuni juga bisa menghasilkan. Jadi skala hobi saja hanya 37 pohon. Sedikit tapi bisa dimaksimalkan, satu pohon bisa 20 sampai 30 buah," ujar Daniel, Jumat (15/09).

Menurut Daniel, usaha budidaya tanaman durian merupakan peluang investasi yang mempunyai prospek cerah dimasa depan. Namun demikian perlu kesabaran dan ketekunan.

Usaha Budidaya Tanaman Durian"Usaha Budidaya Tanaman Durian"

"Kalau bertanam durian memang puasanya panjang, dari umur satu sampai lima tahun kita puasa dulu, tapi setelah itu kita bisa menikmati hasilnya. Memang jangka panjang ini pohon," ujarnya.

Daniel menuturkan, harga durian cukup terjangkau. Misalnya untuk jenis Musang King sampai bulan November dijual dengan harga Rp 300.000 per kilogram, sedangkan Bawor Rp 100.000 per kilogram.

Budidaya Tanaman Durian"Budidaya Tanaman Durian"

Daniel mengungkapkan, pengunjung yang datang dari berbagai daerah, selain Klaten juga ada dari Yogyakarta, Bandung hingga Jakarta. Paling ramai pada akhir pekan yakni rata-rata 20-an orang pengunjung.

"Di sini pengunjung bisa menikmati durian petik langsung dari pohon dan kulineran dengan menu khas kopi durian, es durian, dan aneka menu lainnya," ujarnya.

Usaha Budidaya Tanaman Durian, Peluang Investasi Menjanjikan"Usaha Budidaya Tanaman Durian, Peluang Investasi Menjanjikan"

Salah satu pengunjung, Yayuk warga Jakarta, mengatakan sengaja datang ke Agrowisata Tana Durian karena penasaran setelah tahu dari rekan-rekannya yang pernah berkunjung.

"Saya kesini menikmati suasana kebun durian sambil mencicipi kopi durian dan es durian," ujarnya.

Related News