• 5 May 2024

Kekeringan Bikin Petani 'Puasa' Garap Persawahan

Jagadtani - Perubahan iklim ekstrim yang disebut El Nino makin dirasakan oleh para petani, berdampak kekeringan membuat persawahan tidak mendapatkan suplai air. 

Pada umumnya, setelah melakukan panen padi akan dilanjutkan dengan melakukan persiapan lahan agar dapat menanam padi. 

Suplai air sangat dibutuhkan agar petani dapat mengolah tanah sebagai media tanamnya. Selain memastikan tanah terbebas dari rumput liar dan gulma, kondisi tanah harus dalam keadaan lunak atau gembur. 

"Tanpa air maka akan susah membajak tanah, tujuannya membajak agar tanah kembali subur. Setelah membajak sawah, rumput liar atau gulma akan bisa menjadi pupuk alami karena terbenam di dalam tanah. Kalau musim kering seperti sekarang jadi sulit membajak sawah," ungkap Larso seorang petani di daerah kabupaten Bekasi ini.

Kekeringan landa persawahan di Bekasi"Kekeringan landa persawahan di Bekasi"

Dan setelah sawah yang dibajak, dilanjutkan mengaliri air hingga seluruh permukaan tanah tergenang. Ketinggian yang ideal untuk menanam padi berkisar 10 menit. Biasanya petani akan mendiamkan air selama dua minggu sebelum melakukan penanaman padi.

Selain untuk memudahkan dalam membajak sawah, air juga sangat dibutuhkan ketika menyemai bibit padi. Untuk menyemai padi, biasanya membutuhkan lahan dengan perbandinganv1 : 20. Seandainya akan menanam padi di lahan seluas satu hektar, maka membutuhkan lahan persemaian sekiar 500 meter persegi.

Lahan persemaian harus berair dan berlumpur, agar bibit yang ditebarkan dapat tumbuh juga wajib diberikan pupuk urea maupun pupuk TSP sebanyak 10 gram untuk setiap satu meter persegi.

"Tanpa air di sawah, maka tidak bisa dibajak. Dan tentunya juga tidak bisa melakukan penyemaian bibit padi. Biasanya setelah panen, kita bisa langsung menggarap sawah tetapi kekeringan membuat kita harus puasa dulu." Lanjut Larso.

Saat ditanya untuk menanam palawija, Larso mengatakan tetap membutuhkan air untuk melakukan perawatan. "Tanaman palawija memang tidak membutuhkan air sebanyak padi, tapi juga tetap butuh. Kalau tidak disiram pasti akan mati juga." Pungkasnya.

Harapan terbesar tentunya siklus musim penghujan kembali normal sehingga musim tanam padi dapat dilakukan.

 

Related News