• 3 December 2023

Pembibitan Ikan Gurame Demi Ketahanan Pangan

Jagadtani - Berawal dari sang kakek tercjnta yang gemar memelihara ikan menjadikan Hadde Dinar Sustisna sebagai pemilik Anak Empang Farm mulai menekuni dunia ikan konsumsi air tawar, khususnya pembibitan ikan gurame (Osphronemus gouramy).

Namun sebenarnya, Hadde Dinar Sustisna yang akrab dipanggil Dinar ini mengawali dengan membudidaya dan sekaligus berbisnis ikan hias air tawar hingga berakhirnya pandemi Covid-19 lalu. 

"Sejak 2012, saya telah menekuni dunia ikan hias hingga merasakan manisnya berbisnis. Dengan bantuan digital saya berhasil memasarkan ikan hias hingga keluar negeri. Tetapi setelah COVID-19, bisnis ikan hias turun drastis sehingga harus bergeser ke Ikan konsumsi air tawar." Ungkapnya pada tim Jagadtani.

Namun sebelum melakoni budidaya ikan gurame, sebenarnya Dinar pernah menekuni budidaya ikan nila dengan sistem bioflok. Namun dirinya merasa kurang cocok dengan budidaya ikan nila.

Hadde Dinar Sustisna pemilik Anak Empang Farm "Hadde Dinar Sustisna pemilik Anak Empang Farm "

"Dalam sistem bioflok membutuhkan air baku dengan pH yang baik, sedang air baku di Anak Empang Farm mencapai 5 ph nya sehingga kurang bagus. Saat ini saya tokus pada pembibitan ikan gurame tetapi sambil memastikan segalanya agar tetap dapat membudidaya ikan nila dengan sistem bioflok." Lanjut Dinar.

Khusus pada ikan gurame, Dinar mengaku lebih memilih melakukan pembibitan dan pendederan dibandingkan pembesaran ikan di tanah seluas 5.000 m2 ini.

Pembibitan Ikan Gurame Demi Ketahanan Pangan "Pembibitan Ikan Gurame Demi Ketahanan Pangan "

Pilihan pembibitan dan pendederan ikan gurame dirasa lebih menguntungkan dari segi waktu. "Budidaya ikan gurame hingga masa panen membutuhkan waktu hingga satu tahun lebih. Sedangkan pembibitan maupun pendederan hanya berkisar tiga bulanan saja."

Memang saat ini, ikan gurame belum menjadi ikan konsumsi industrial. Selain karena cukup lamanya proses pertumbuhan untuk masa panen. Beberapa jenis ikan gurame lebih ditujukan sebagai ikan hias predator.

Anak Empang Farm menyediakan bibit ikan gurame "Anak Empang Farm menyediakan bibit ikan gurame "

Walau dalam perjalanan usahanya pernah mengalami pasang-surut, Hadde Dinar Sustisna yang tergolong masih muda telah berhasil dalam melakukan pembibitan dan pendederan ikan gurame. "Tidak perlu ragu atau malu untuk menjadi peternak ikan. Banyak keuntungan yang bisa diperoleh, termasuk waktu dan cuan." Pungkasnya.

Selain menyediakan bibit ikan gurame, Sahabat Tani juga dapat memesan olahan ikan gurame berupa frozen food di Anak Empang Farm. Istilahnya, dari hulu ke hilir.

 

 

Related News