• 29 April 2024

Dukungan Irigasi, Petani Sukoharjo Panen 3x Setahun

Jagadtani - Dengan saluran irigasi yang terkoneksi dengan waduk Gajah Mungkur, para petani di daerah Bondosari, Sidorejo - Jawa Tengah,  Sukoharjo dapat melakukan panen sebanyak tiga kali dalam setahun.

Hasil panen dari setiap hektar, para petani dapat memanen padi jenis Impari 32 sebanyak 10 ton yang masih berupa gabah basah.

"Untuk persawahan di daerah Sukoharjo terdapat irigasi yang hasil sodetan di Sungai Bengawan Solo dari waduk Gajah Mungkur. Jadi bisa panen tiga kali dalam setahun." Ungkap Aji yang ditemui tim Jagadtani.

Petani Sukoharjo Panen 3x Setahun"Petani Sukoharjo Panen 3x Setahun"

Dengan saluran irigasi yang terkoneksi membuat perubahan iklim ekstrim atau El Nino tidak berpengaruh banyak. Berbeda dengan daerah lain yang sedang dilanda kekeringan.

Untuk hasil panen padi jenis Impari 32 berupa gabah basah dibanderol seharga Rp7.500. Sedangkan untuk harga gabah kering berkisar mulai dari Rp8.200.

Mesin gabah "Mesin gabah "

Tentunya dengan hasil panen yang dihasilkan oleh petani di Sukoharjo, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pangan nasional. Mengingat luas persawahan lebih dari 20 ribu hektar.

Dalam proses panen, petani di Sukoharjo mengunakan mesin panen maupun sistem manual. Khusus panen sistem manual sengaja digunakan demi mengatasi kondisi persawahan yang sulit dijangkau atau terlalu dalam bagi mesin panen.
 
 

Related News