• 30 April 2024

Kementan Review Panduan Pengujian Dorong Pelepasan Varietas

uploads/news/2023/09/kementan-review-panduan-pengujian-721780cc0319cbd.jpg

Perkembangan teknologi menjadi solusi dalam mengatasi berbagai kondisi, termasuk pada pertanian. Melalui tanaman bioteknologi dinilai mampu mengatasi masalah yang sulit diperoleh melalui teknik konvensional.

Tentunya panduan pengujian varietas tanaman perkebunan PRG juga harus disesuaikan.

Semakin kompleksnya pengujian diperlukan panduan sebagai acuan dalam pelaksanaan pengujian dan penilaian dalam rangka pelepasan varietas tanaman PRG. Panduan ini harus dapat dipahami dan diimplementasikan dengan baik oleh penyelenggara pemuliaan/proponen.

Kepala Pusat PVTPP selaku Sekretaris Tim Penilai PRG, Dr. Leli Nuryati, M.Sc., menyampaikan bahwa “Tak kalah penting untuk subsector perkebunan, contohnya gula Indonesia masih mengimpor dari luar. Kondisi tersebut harus segera kita atasi dengan menghasilkan produksi dalam negeri.

Bioteknologi merupakan jawaban untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, hal ini sebagai tantangan bagi pemulia untuk menghasilkan varietas unggul baru melalui bioteknologi atau dikenal PRG.

Salah satu Rencana Kerja Tim Penilai PRG Periode 2023-2026 adalah mereview Panduan Pengujian dan Penilaian Varietas Tanaman PRG yang telah disusun oleh Tim periode sebelumnya.

Tim Penilai Periode 2021 – 2022 telah menyusun 4 panduan pengujian dan penilaian untuk seluruh komoditas yaitu tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, dan tanaman pakan ternak yang telah dtetapkan oleh Kepala Badan Litbang Pertanian.

Review panduan pengujian dan penilaian varietas PRG tanaman pangan telah selesai dilakukan dalam proses pertama. Saat ini dilakukan review panduan pengujian untuk komoditas tanaman perkebunan.

Related News