• 20 July 2024

5 Langkah Merawat Ayam di Musim Panas

Jagadtani - Pada dasarnya ayam termasuk hewan yang mudah beradaptasi pada lingkungan maupun cuaca. Namun dalam merawat ayam, khususnya ayam hias atau kontes sangat membutuhkan bantuan sinar Matahari. Tentunya lebih mudah merawat ayam pada kondisi cuaca panas seperti saat ini, dibandingkan musim penghujan.

Untuk lebih memudahkan dalam merawat ayam hias atau kontes, berikut lima langkah merawat ayam di musim panas yang dirangkum tim Jagad Tani dari berbagai narasumber:

Pakan dan Minum

Tentunya semua hewan membutuhkan pakan sebagai sumber energi yang berdampak kesehatan, performa hingga tampilan ayam kontes. Dalam memberikan pakan untuk ayam, takaran berkisar 10 persen dari bobotnya dengan contoh ayam berbobot 3kg maka mendapatkan pakan sebanyak 200-300 gram (sekali makan). Untuk pakan ayam dapat diberikan pur ayam, beras merah, jagung halus campuran campuran gabah.

Untuk jenis pakan yang diberikan dapat disesuaikan dengan usia maupun menyesuaikan kebutuhan setiap ayam kontes. pemberian pakan dapat dilakukan pada pagi dan sore hari, namun ada juga yang memberikan tiga kali.

Sedangkan air minum harus ganti secara rutin, biasanya setiap setelah makan maka air harus diganti agar terhindar dari kotoran.

Memberi pakan ayam kontes "Memberi pakan ayam kontes "
 
Memandikan ayam

Memandikan ayam dapat dilakukan pada kondisi panas atau tidak mendung atau hujan. Biasanya ayam akan dimandikan pada pagi hari atau sebelum jam delapan pagi. Untuk memandikan ayam bukan hanya membasahi bulunya tetapi lebih pada kulit ayam. Bagian tubuh ayam yang harus dibersihkan menggunakan air, yakni kepala, bawah sayap, kaki dan ekor. 

Menjemur ayam

Setelah memandikan ayam, dapat dilanjutkan pada proses penjemuran. Penjemuran ini bertujuan untuk mendapatkan vitamin D dari sinar matahari yang sangat membantu dalam proses pertumbuhan tulang dan bulu. Selama proses penjemuran, biasanya diberikan alas agar ayam tidak kotor atau Kipu (mandi pasir). 

Merawat Ayam Pakhoy Agar Makin Prima"Merawat Ayam Pakhoy Agar Makin Prima"
 
Proses penjemuran ini dapat dilakukan setiap hari atau menyesuaikan kebutuhan. Namun yang harus diperhatikan sebelum menjemur ayam adalah kondisi kesehatan ayam. Untuk ayam yang dalam kondisi kurang sehat maka tidak dapat dimandikan hingga dijemur. 

Dengan demikian, musim panas bukan kendala bagi peternak atau pemelihara ayam sehingga kebutuhan sinar Matahari sangat penting dalam pertumbuhan ayam kontes.

Pemberian vitamin ayam

Pemberian vitamin pada ayam sangat penting agar dapat menjaga kesehatan dan stamina ayam. Untuk waktu pemberian vitamin dapat dilakukan pada malam hari atau menjelang waktu istirahat sehingga ayam berada dalam kondisi tenang atau tidak banyak bergerak. Tujuannya agar vitamin lebih mudah diserap oleh tubuh ayam.

Menjaga kebersihan kandang ayam

Bagian terpenting dalam merawat ayam kontes adalah menjaga kebersihan kandang ayam. Dalam membersihkan kandang ayam dapat dilakukan dua kali setiap hari. Untuk membersikan kandang dapat juga menggunakan desinfektan maupun sabun. Sahabat tani harus mengetahui bahwa kebersihan kandang menjadi prioritas agar ayam dapat tumbuh dengan sehat.

Dapat dikatakan dalam merawat ayam di musim panas sangat mudah, hal yang harus diperhatikan adalah ketelatenan dalam melakukan rutinitas perawatan ayam.

Related News