• 15 June 2024

Mentan SYL Menghilang, Harvick Jadi Pengganti Sementara

uploads/news/2023/10/mentan-syl-menghilang-harvick-498965e3db77ee1.jpg

Pasca Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah rumah dinas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), pada Kamis - Jumat (28-29/09), dikabarkan Mentan SYL Menghilang tanpa kabar sehingga Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi menjadi menteri pertanian ad interim.

Menghilangnya Mentan SYL yang sedang melakukan kunjungan kerja ke Italia dan Spanyol, disinyalir setelah KPK menemukan puluhan milyar dalam pecahan mata uang asing dan rupiah, 12 senjata api dan dokumen lainnya. Selanjutnya dikabarkan menjadi tersangka dalam kasus Korupsi di Kementerian Pertanian. 

Penunjukan Harvick Hasnul Qolbi yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menteri Pertanian, dilakukan oleh Presiden Joko Widodo sebagai Mentan Ad Interim atau sementara waktu.

Dari berbagai sumber, Harvick mengatakan penunjukan bertujuan agar tidak ada kekosongan dan Kebijakan tetap dapat berjalan. "Ad interim pasti sebagai pejabat yang memang satu kotak (lingkup) dengan Pak Mentan memang saya ditunjuk sebagai ad interim," ungkap Harvick di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (3/10).

Tentu tugas Menteri Pertanian kini dijalankan oleh Harvick, begitu pula dengan seluruh tugas pokok dan masing - masing fungsi dar ilima direktorat jenderal, empat badan, satu sekjen, satu irjen.

Harvick juga mengungkapkan pihaknya telah hilang kontak dengan Syahrul Yasin Limpo sejak akhir pekan lalu setelah melakukan kunjungan kerja di Eropa.

Hingga saat ini, Syahrul Yasin Limpo yang diduga terlibat kasus dugaan korupsi di Kementan masih belum diketahui keberadaannya.

 

 

Related News