• 23 February 2024

Alasan Mencukur Bulu Domba Dengan Rutin

Jagadtani - Dalam kasta pemeliharaan, banyak pendapat yang mengatakan memelihara domba akan lebih mudah dibandingkan ternak kambing. Namun untuk memastikan domba dapat tumbuh sehat, mencukur bulu domba menjadi kewajiban.

Mencukur bulu domba tidak hanya demi menjaga kesehatan ya, walau tidak dapat dipungkiri bahwa bulu domba yang terlalu tebal akan menjadi sarang kuman serta tumbuhnya jamur. Tentunya parasit akan menjadi permasalahan pada domba, bahkan menular pada domba lainnya.

Pertumbuhan bulu domba membutuhkan protein Dan vitamin dari asupan pakan yang dikonsumsi setiap hari. Penyerapan yang berlebihan demi pertumbuhan bulu dapat membuat perkembangan tubuh domba terbatas. Dengan kata lain, bukannya jadi gemuk tapi hanya gondrong bulunya.

Untuk mengatasi hal tersebut, M. Syukur pemilik dari Zyan Farm selalu rutin mencukur bulu domba, mengatakan, "Domba yang dijadikan hewan konsumsi, tentu daging yang menjadi bagian utamanya. Kalau asupan pakan yang diserap hanya untuk pertumbuhan bulu, pasti bobotnya tidak naik-naik. Padahal daging yang dikonsumsi."

M.Syukur pemilik Zyan Farm"M.Syukur pemilik Zyan Farm"

Jika tidak percaya, M. Syukur. HI. Amd.RO yang akrab dipanggil Ayah Bosex ini mengatakan untuk mencoba melalui dua domba berukuran sama, "Dua domba dengan ukuran yang sama, salah satunya rutin dicukur sedangkan lainnya dibiarkan pertumbuhan bulunya. Pemberian pakan harus sama, nanti menjelang disembelih (diatas 8 bulan) pasti lebih berat yang sering dicukur bulunya."

Untuk pencukuran bulu domba dapat dilakukan dengan rentan dua hingga tiga bulan. Namun ada juga yang mencukur bulu domba setiap bulannya 

"Selain pertumbuhan tubuh lebih cepat, kesehatan juga dipastikan akan lebih bagus karena tidak ada tempat bagi kuman," ujar Ayah Bosex ini.

Bulu domba yang dibiarkan panjang, biasanya membuat domba sering menggigit bulu hingga tertelan. Jika diakumulasi maka bulu yang tertelan dapat mengganggu pencernaan sehingga menimbulkan penyakit lainnya.

Selain rajin mencukur bulu, perawatan lain yang dilakukan di Zyan Farm adalah pemotongan kuku domba atau kambing. Tujuan pemotongan kuku ini agar kambing maupun domba tidak terganggu pertumbuhannya. 

"Kuku kambing atau domba yang panjang atau berlebihan membuat hewan itu mudah stres sehingga asupan yang dimakan tidak terserap tubuh dengan baik."

 

Related News