• 2 May 2024

Segudang Manfaat Batang Pohon Pisang Bagi Ternak

uploads/news/2023/10/segudang-manfaat-batang-pohon-85706abdf04ffe0.jpg

Jagadtani - Batang Pisang atau lebih dikenal gedebog memiliki segudang manfaat bagi manusia maupun hewan ternak. Bahkan di Amerika Serikat, gedebog Pisang dijual secara khusus di pasar swalayan dengan harga yang cukup tinggi.

Secara kandungan gedebog pisang terdiri dari nutrisi dengan BK 87,7%, Abu 25,12%, LK 14,23%, PK 3,01%, SK 29,40%, dan BETN 28,24%.

Manfaat gedebog Pisang bagi kesehatan manusia memang sangat banyak, minimal terdapat sepuluh khasiat bagi tubuh manusia. Mulai dari detoksifikasi pencernaan, menurunkan berat badan hingga mengontrol kolesterol dan tekanan darah.

Manfaat lainnya dari edebog pisang bagi ternak dapat dijadikan sebagai pakan alternatif. Namun secara kandungan serat kasar gedebog pisang sangat tinggi dan nilai protein kasarnya rendah sehingga harus dicampur dengan bahan yang lebih tinggi kandungannya.

Biasanya peternak akan melakukan fermentasi pada gedebog pisang dengan mencampurkan ampas tahu, dedak, garam, tetes tebu, air dan lainnya. 

Sedangkan untuk pakan ikan, gedebog pisang juga dapat menjadi pakan alternatif. Dengan menggunakan sistem fermentasi, cacahan gedebog pisang yang dicampur probiotic dan air dapat diberikan pada ikan. Masa fermentasi gedebog pisang untuk pakan hanya membutuhkan waktu tiga hari.

Batang Pisang juga dapat dijadikan menyerap senyawa kimian berbahaya pada kolam ikan. Kolam ikan yang baru saja dibuat dipastikan sisa kimia sehingga berbahaya bagi kelangsungan hidup ikan. 

Biasanya gedebog pisang digosok pada dinding kolam yang berbahan semen, kemudian kolam diisi air dan diberikan potongan batang pisang. Untuk proses ini dapat dilakukan lebih dari satu kali agar yakin kolam ikan telah bersih.

Untuk tanaman, batang pisang dapat dijadikan pupuk. Selain batangnya, daun pisang juga memiliki banyak kandungan fosfor yang baik untuk pertumbuhan tanaman.

Dengan demikan, pohon pisang memiliki banyak manfaat dari buah, batang hingga daun sehingga memberikan banyak keuntungan.

 

 

 

 

Related News