• 24 June 2024

Ramuan Cegah Kematian Kambing dan Hewan Ternak

Jagadtani - resiko besar pasca pengiriman hewan ternak, khususnya kambing sering dirasakan oleh para peternak. Perjalanan panjang dapat membuat kambing mudah stres, meyusut bobotnya hingga berujung kematian. 

Pemberian air minum setelah menempuh perjalanan, disinyalir menjadi penyebab utama kematian Kambing. Hal ini diakui oleh para peternak kambing yang sering mengirimkan kambing ke daerah dengan jarak tempuh di atas 24 jam. 

Untuk mengatasi hal tersebut, biasa peternak akan berusaha membuat kambing tidak stres, sedangkan pakan masih disesuaikan seperti sebelumnya. 

"Biasanya minum yang pertama kali saya berikan merupakan hasil ramuan dari air, gula, garam, jahe ataupun temulawak. Mirip empon - empon atau jamu." Ungkap Rafi - pemilik kandang Kambing Kami.

Untuk pemberian ramuan ini, Rafi mengatakan baru akan dilakukan setelah 24 jam kambing tiba di kandangnya. "Kambing menyukai rasa manis Dan asin sehingga pasti mau meminumnya. Nanti staminanya akan pulih kembali."

Setelah itu, untuk mengembalikan bobotnya yang menyusut akibat perjalanan panjang maka pakan harus digenjot pemberiannya.

Pakan yang digunakan Rafi untuk kambing 'Monster' Etawa berupa Campuran hijauan (rerumputan), ampas tahu, pakan jadi, polar dan ampas tempe.

"Pemberian pakan harus stabil, jangan berubah - ubah karena akan mengganggu pertumbuhan kambing. "Pungkasnya.

Related News