• 15 April 2024

IPB University Gelar AQUAFEST 2023

Jagadtani - Institut Pertanian Bogor (IPB) University gelar AQUAFEST 2023, program kegiatan dengan serangkaian acara yang terdiri dari talkshow, seminar hingga pameran dan kontes ikan hias. AQUAFEST 2023 mengusung tema 'Explore the Future of Aquaculture'.

Tema ini merupakan keresahan dari mahasiswa IPB University pada kondisi aquaculture di tahun 2050. Berkaca dari kondisi saat ini, membuat keinginan para mahasiswa dapat meng-explore. Harapannya tentu aquaculture dapat berkelanjutan hingga masa akan datang.

Seluruh acara tersebut terbagi dalam dua waktu dengan tempat yang berbeda. Untuk seminar AQUAFEST telah diadakan di auditorium Sukarman - Perpustakaan Nasional di Medan Merdeka, Jakarta, pada Sabtu (07/10). 

IPB University Gelar AQUAFEST 2023"IPB University Gelar AQUAFEST 2023"

Dalam seminar ini mengusung tema 'Implentasi Blue Economy untuk peningkatan produksi Udang Vaname di Era Digitalisasi" dengan pembicara dari kalangan pelaku industri perikanan.

Menurut Fina Octaviana Tanjung sebagai ketua penyelenggara dari AQUAFEST 2023, kegiatan tahun ini berbeda dengan tahun lalu karena keluar dari zona nyaman dengan mengadakan jauh dari kampus IPB. "Untuk tahun ini, kami mengadakan di Jakarta dan Tangerang, lokasi ini memudahkan akses sehingga banyak peserta yang mengikuti AQUAFEST 2023."

Fani Tanjung - IPB University Gelar AQUAFEST 2023"Fina Tanjung - IPB University Gelar AQUAFEST 2023"

Untuk seminar yang berkonsentrasi pada budidaya udang, Fina Octaviana Tanjung mengatakan, udang dengan segudang permasalahannya tetapi masih menjadi komoditas unggulan di Indonesia. "Budidaya udang sangat spesial, walau banyak permasalahannya sehingga kami ingin membahas dan sekaligus mendapatkan solusinya."

Pembicara pada seminar AQUAFEST 2023, terdiri dari Abdul Barr Ibrahim (Chief Executive Officer of Abarobotic), Rico Wisnu Wibisono (Chief Operating Officer of FisTX), Robin Pearl (Founder and President of American Penaeid inc - API) dan Barry Amru Emirza (Indonesia Representative American Panaeid).

IPB University Gelar seminar AQUAFEST 2023"IPB University Gelar seminar AQUAFEST 2023"

Pembahasan dalam seminar AQUAFEST 2023, mulai dari 'peran artificial intelligence (AI) untuk budidaya udang, strategi produksi udang secara konsisten yang efektif dan berkelanjutan hingga genetic saved our shrimp farm.

Selanjutnya, kegiatan kedua dari AQUAFEST 2023, yakni pameran dan kontes ikan hias akan digelar di Mall Alam Sutera pada 13 - 15 Oktober 2023. Selain menghadirkan berbagai ikan hias, AQUAFEST 2023 akan mengeluarkan kontes ikan hias jenis Goldfish dan kegiatan lainnya. 

In Aquaculture, We Trust ..

Related News