• 20 September 2024

Alasan Tanam Padi Harus Berbaris Lurus

Jagadtani - Pasti Sahabat Tani pernah melihat hamparan padi yang serasa berbaris lurus. Jarak antar tanaman padi berbeda - beda untuk setiap varietas hingga lokasi atau daerah tanam.

Untuk ukuran yang biasa diterapkan oleh para petani adalah petak ubin 20 cm x 20 cm; 25 cm x 25 cm; 27,5 cm x 27,5 cm; dan 30 cm x 30 cm hingga sistem jajar legowo.

Khusus pada sistem tanam jajar legowo menjadi salah satu cara untuk meningkatkan populasi tanaman dan cukup efektif mengurangi serangan hama tikus, keong mas, dan keracunan besi.

Jarak tanam padi"Jarak tanam padi"

Jajar legowo (legowo/jarwo) terbagi dalam Legowo 2:1 dan 4:1. Perbedaannya untuk Legowo 2:1 dengan area kosong satu baris tanaman setiap dua atau lebih baris dan merapatkan dalam barisan tanaman. Sedangkan Legowo 4:1 diselingi empat baris tanaman.

Pada dasarnya, tujuan menerapkan jarak tanam pada tumbuhan, khususnya padi adalah meningkatkan proses fotosintesis, penyerapan hara oleh akar tanaman, pembagian serapan air.

Tanaman padi yang terlalu rapat dapat menghambat pertumbuhan karena dibawah rimbunnya padi merupakan tempat tumbuhnya organisme pengganggu tanaman (OPT).

Masa tanam padi "Masa tanam padi "

Yang harus diperhatikan, setiap varietas padi memiliki jarak tanam berbeda. Sebagai contoh hasil panen padi kultivar Ciherang akan lebih maksimal pada jarak tanam 30x30cm dibandingkan menggunakan sistem arak tanam standar (25x25cm). Padahal keduanya disiang sebanyak tiga kali.

 

 

Related News