• 29 April 2024

Tips Memilih Indukan Ikan Mas Koki

Jagadtani - Dengan postur tubuh yang gemoy, mata belok hingga sirip maupun ekor menjuntai Dan ditambah berwarna - warni membuat Ikan Mas Koki tetap digemari hingga saat ini.

Sebagai ikan hias, Ikan Mas Koki yang masuk dalam spesies bernama Carassius Auratus yang berasal dari familia Cyprinidae serta Ordo Cypriniformes masih sangat digemari untuk dipelihara pada aquarium.

Banyaknya permintaan membuati Bsnis ikan hias air tawar, khususnya ikan mas Koki masih sangat menjanjikan. Beragam langkah budidaya dilakukan, termasuk mengunakan kolam empang seperti di daerah Ciseeng, Parung - Bogor ini.

Saat tim Jagadtani menyambangi para peternak ikan mas Koki, sedang melakukan sortir untuk mendapatkan ikan berkualitas sesuai keinginan pasar ikan hias. Termasuk memilih Indukan Ikan mas Koki.

Budidaya Ikan Mas Koki "Budidaya Ikan Mas Koki "

Pian Setiawan mengatakan bakal calon indukan harus baik karena akan membawa gen yang akan diturunkan pada anakan ikan mas Koki. Usia indukan yang siap berproduksi setelah di atas enam hingga delapan bulan.

Hal yang diperhatikan dalam memastikan postur tubuh hingga kelengkapan pada tubuh ikan. "Setelah mendapatkan warna yang bagus, dilanjutkan dengan harus diperhatikan adalah postur tubuh harus agak bulat, selanjutnya pada sirip harus berjumlah dua helai. Bagian tubuh lainnya yang harus dilihat adalah ekor yang mekar." ungkapnya.

Tujuan dari menentukan indukan ikan dari bentuk tubuh karena ikan mas Koki dinilai dari postur tubuhnya. Jika ada anakan yang kurang bagus dapat disortir sejak awal sehingga tidak menyulitkan ketika proses pembesaran.

Ikan mas koki"Ikan mas koki"

Dalam menerapkan prbandingan indukan, Pian Setiawan yang juga menjabat sebagai RT setempat mengadopsi sistem 2 :1 , contohnya dua indukan jantan dengan satu indukan betina. "Untuk perbandingan dua jantan Dan satu betina bisa diterapkan pada media berukuran 1,5 meter persegi. Namun ada juga yang menggunakan perbandingan lainnya."

Enceng gondok media telur ikan mas koki"Enceng gondok media telur ikan mas koki"

Untuk media telur, biasanya menggunakan tanaman enceng gondok. "Biasanya dalam satu malam setelah telur mulai terlihat maka indukan dipisahkan, telur akan mulai menetas setelah tiga hari." Ujar Pian Setiawan.

Indukan akan kembali poduktif setelah 20 hari dari waktu bertelur. Selanjutnya indukan ikan mas koki dapat kembali ditempatkan pada kolam yang telah diberi tanam enceng gondok. 

Memilih Indukan Ikan mas koki"Memilih Indukan Ikan mas koki"

Untuk perawatan bibit ikan Mas Koki, biasa baru diberi pakan berupa kutu air setelah menetas pada hari ketika. Setelah berusia lebih dari 20 hari dilanjutkan dengan pakan pelet berukuran kecil. "Setelah mulai besar, proses sortir harus dilakukan agar dapat memaksimalkan pakan " pungkasnya.

 

Related News