• 20 July 2024

Pakan Entok Agar Lebih Cepat Gemuk

uploads/news/2023/10/pakan-entok-agar-lebih-860928793131bf0.jpg

Jagatani - Peternak entok mengatakan kualitas daging ditentukan dengan jenis pakan yang diberikan dan juga cara pemberiannya. Kualitas maupun bobot daging entok sangat berdampak pada harga jualnya. Paling tidak dengan pemberian pakan yang tepat dapat membuat entok tumbuh lebih cepat besar dan gemuk sehingga peternak tidak rugi dari segi waktu dan jumlah pakan.

Harga entok yang lebih ditinggi disebabkan permintaan tinggi tetapi tidak sebanding dengan jumlah stok. Tentunya peluang berternak entok masih terbuka lebar. 

"Sebenarnya banyak pakan yang bisa diberikan untuk menaikan berat entok, tapi harus disesuaikan dengan ketersediaan di sekitar kita. Kalau saya paling kasih pur, dedak, sisa makan atau sayuran aja. Kalau ampas tahu di sini harus bersaing dengan peternak sapi dan kambing yang sudah kontrak, jadi kadang tidak kebagian." ungkap Minin - peternak entok di Bekasi ini.

Untuk pakan, biasanya entok diberikan pada pagi dan sore hari dengan takaran yang berbeda. Pada pagi hari sebanyak 40%, sementara sore hari sebanyak 60%. Agar entok dapat tumbuh dengan cepat, Sahabat Tani dapat memberikan pakan entok berupa:

Pakan konsetrat yang mengandung protein serta lemak dan serat kasar yang sesuai. Melalui pakan konsetrat maka entok mendapatkan asupan protein, serat, karbohidrat, lemak, dan pelet yang diracik dengan tepat oleh pabrikan. Namun karena harga yang tinggi, mungkin Sahabat Tani dapat memberikan sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Pakan campuran, Sahabat Tani dapat membuat pakan campuran sendiri yang terdiri dari konsetrat, jagung, ampas tahu, dedak dan lainnya. Pakan campuran dapat menjadi cara menekan penggunaan dari pakan konsetrat. Untuk perbandingan campuran, biasanya pakan konsetrat sebanyak 50% dengan dicampur pakan lainnya.

Ambas Tahu, hampir semua peternak mengandalkan ampas tahu untuk menaikan berat tubuh hewan ternak. Namun biasanya pabrikan tahu telah menjalin kontrak dengan peternak besar sehingga bagi peternak pemula harus berusaha mendapatkan ampas tahu. Untuk pemberian ampas tahu pada hewan ternak, termasuk entok disarankan untuk melakukan fermentasi. 

Tujuan fermentasi ampas tahu bagi hewan ternak, khususnya entok agar lebih mudah dicerna dan mudah diserap nutrisinya dengan baik.

Sayur Mayur dan Buah-buahan, keduanya memiliki beragam kandungan yang sangat bagus bagi hewan ternak. Tetapi agar nutrisi lebih mudah diserap, tidak ada salahnya melalui proses fermentasi. 

Air, merupakan hal yang tidak boleh dilupakan. Selain untuk minum, entok juga kerap mandi sehingga Sahabat Tani harus rajin menjaga kebersihannya agar tidak ada kuman yang menimbulkan penyakit.

Pemberian pakan yang tepat dengan menyesuaikan kebutuhan menjadi kunci dalam melakukan penggemukan entok. Terlebih pada dasarnya entok gemar makan apapun yang disediakan sehingga dipastikan tidak terlalu merepotkan bagi Sahabat Tani. Namun hal yang tidak boleh dilupakan adalah pemberian vitamin, vaksin dan menjaga kebersihan kandang.

 

 

Related News